Tempat Wisata Di Yogyakarta Lengkap dan Berkesan

Tuesday, March 26th, 2013 - Tempat Wisata

Berdasarkan sejarah dan juga asal usul wilayah Yogyakarta, banyak tempat wisata di Yogyakarta bernuansa kuno, terlebih bangunan bergaya di jaman kolonial. Yogyakarta sendiri merupakan kota yang memiliki sejarah dan juga kebudayaan yang kuat dari dulu hingga sekarang, kehidupan kebudayaan yang kental juga dapat tercermin dari perilaku masyarkat asli Jogja yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan luhur  yang perlu dijaga. Anda bisa membuat daftar tempat wisata di Yogyakarta yang akan kunjungi, banyak obyek wisata yang menarik bagi anda yang ingin belajar tentang kebudayaan Jawa. Boleh dibilang kebudayaan jawa asli sekarang hanya anda bisa lihat di Yogyakarta, sebagai satu-satunya wilayah di Indonesia yang masih menggunakan Sultan atau Raja kerajaan sebagai pimpinan pemerintah.

tempat wisata di yogyakarta

Tempat Wisata Di Yogyakarta Untuk Kebudayaan

Hal yang paling menonjol yang anda bisa lihat dari Yogyakarta adalah kebudayaan dan juga kehidupan sosial masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai traditionan yang terus dijaga dari jaman leluhur hingga sekarang. Kehidupan keraton yang begitu penuh dengan tata cara dapat tercermin dari setiap sudut tempat wisata di Yogyakarta yang menyangkut masalah kerajaan. Keraton, selaku rumah bagi Raja kasultanan Yogyakarta merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika anda pergi ke Jogja, belum pas rasanya apabila anda sampai ke Jogja namun belum pernah berkunjung ke keraton Jogjakarta. Keraton merupakan tempat wisata menarik di Yogyakarta yang biasanya dikunjungi banyak wisatawan mancanegara, mereka begiru sangat tertarik untuk mengetahui bagaimana kehidupan di keraton Jogja.

Meskipun dibuka untuk umum, namun tidak semua bagain kertaon yang bisa dimasuki oleh wisatawan. Karena kraton sendiri tidak hanya sekedar tempat wisata di Yogyakarta, namun sebagai rumah Raja yang memimpin seluruh rakyat Jogja. Hanya bagain seperti di Siti Hinggil atupun daerah Pelataran yang biasanya bisa dilihat oleh para wisatawan. Jika anda ingin mengetahiu tentang dalam tentang keraton Yogyakarta, biasanya banyak jasa guide yang bisa membantu anda untuk lebih mengerti tentang kehidupan keraton Yogyakarta. Guide tersebut akan menjelaskan dengan detail setiap maksid dan juga arti dari bangunan yang ada di Keraton.

Tempat Wisata Di Yogyakarta Candi

Yogyakarta merupakan kota yang sarat dengan sejarah dan juga tradisi, terbukti beberapa situs candi ditemukan di beberapa daerah di Yogyakarta. Hal ini menjadikan situs tersebut sebagai tempat wisata di Yogyakarta yang sangat potensial. Beberapa candi besar di temukan di Yogyakarta, selain itu ada juga beberpa candi yang ditemukan diluar daerah Yogyakarta namun terkadang masih berhubungan dengan Yogyakarta, seperti Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi yang dibangun oleh dinasti Syailendra ini meruoakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang turut dijaga oleh UNESCO. Candi ini merupakan objek wisata yang cukup terkeneal hampir di seluruh dunia.

Tempat Wisata Di Yogyakarta Bernuansa Alam

Tidak hanya terkenal karena keganasanya yang telah melahap beribu jiwa hingga salah satu abdi dalem penunggu Merapi yang di titah langsung dari keraton meninggl, yaitu Mbah Marijan. Merapi memiliki panorama yang sangat indah sekali hingga bisa melihat seluruh kota Yogyakarta dari beberapa spot yang ada di kaki gunung Merapi. Pasca meletus terakhir di tahun 2010 kemarin membuat dibukanya tempat wisata di Yogyakarta yang bertemakan volcano tourisme yang digalakan oleh pemprov Sleman selaku pihak yang bertanggungjawab dalam pengelolaan gunung Merapi. Beberapa spot baru juga dibuka di kaki gunung merapi, dahulu hanya ada taman kaliurang dan juga air terjun sebagai tempat rekreasi di kaki gunung Merapi. Namun sekarang telah dibuka beberapa tempat baru yang memiliki potensi yang tinggi.

Tempat Wisata Di Yogyakarta bernuansa Pantai

Selain Gunung, Budaya, dan juga sejarah Yogyakarta memiliki pantai eksotis yang terkenal seantero negeri. Ada beberapa pantai yang ada di selatan Yogyakarta yang bisa anda kunjungi. Parangtritis merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang tidak pernah sepi pungunjung. Yogyakarta sendiri adalah sebuah provinsi yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan provinsi tersebut. Prangtritis merupakan tempat wisata pantai di Yogyakarta yang paling banyak dikunjungi di antara pantai lain karena pantai tersebut paling mudah di akses dari kota Yogyakarta.

Selain di daerah Bantul, dimana anda bisa mendapatkan pantai Parangtrisits ada beberapa pantai eksotis yang bisa anda kunjungin di wilayah Gunung Kidul. Meski membutuhkan sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta, namun anda akan banyak menemukan pantai yang sangata mengagumkan disana. Jiuka di selatan persis Yogyakarta anda akan menjumpai pantai erpasir hitam, maka di Gunung Kidul anda akan menjumpai banyak pantai berpasir putih seperti di Pantai Baron, Kukup, Krakal, maupun Sundak. Ada juga salah satu objek pantai yang belum lama ini dibuka, yaitu pantai Indrayanti yang mungkin bisa  menjadi salah satu favorit untuk tempat wisata di Yogyakarta.

Incoming search terms:

Tempat Wisata Di Yogyakarta Lengkap dan Berkesan | Rahimawati Imut | 4.5