Tempat Wisata di Surabaya, Kota Historis Penuh Kejutan

Friday, March 22nd, 2013 - Tempat Wisata

Sebenarnya, terdapat banyak tempat wisata di Surabaya yang patut Anda kunjungi. Selama ini, Surabaya terkenal dengan sisi historisnya yang tak diragukan lagi pada masa kemerdekaan Indonesia. Misalnya saja terjadinya peristiwa 10 November yang kemudian dinobatkan menjadi Hari Pahlawan di Indonesia. Namun sesungguhnya, dibalik panasnya suhu normal Surabaya, tersimpan tempat wisata di Surabaya dan sekitarnya yang cukup menarik untuk dicoba.

tempat wisata di surabaya

Berburu Kuliner di Tempat Wisata di Surabaya

Sebelum membahas secara spesifik tentang tempat wisata di Surabaya, ada satu hal lagi yang membuat Surabaya, secara khusus, serta Jawa Timur secara umum mempunyai alasan kuat untuk dijadikan tujuan wisata. Apalagi selain tempat wisata kuliner di Surabaya yang terkenal dengan cita rasanya yang kuat. Setidaknya, jika Anda telah berkunjung ke Surabaya, cobalah untuk mencicipi hidangan rujak cingur. Makanan ini terdiri dari buah-buahan serta sayuran yang disajikan dengan saus kacang berwarna pekat. Tak lupa, sesuai namanya terdapat pula tambahan cingur, atau bagian hidung, bibir, plus lidah sapi rebus yang dipotong dadu. Saus yang digunakan dapat berwarna cokelat hampir kehitaman karena ada petis sebagai tambahan dalam saus yang membuat rasa rujak cingur begitu khas.

Selain rujak cingur, selama Anda mengunjungi tempat wisata di Surabaya, Anda mungkin dapat pula mencoba kuliner tahu tek. Kalau makanan yang satu ini, terdiri dari potongan tahu yang digoreng setengah matang. Potongan tahu ini kemudian dimasukkan ke dalam adonan telur untuk digoreng lagi. Setelah matang, telur plus tahu yang sudah dimasak ini diiris sedemikian rupa kemudian ditambahkan saus kacang yang lezat. Tak hanya itu, ada pula makanan lontong balap yang dapat ditambahkan dalam menu wisata kuliner Anda. Sebenarnya untuk lontong balap ini Anda bisa menemuinya di beberapa kota lainnya di Jawa Timur, tak hanya Surabaya. Namun tak ada salahnya untuk mencicipi rasa lontong balap dengan racikan orang Surabaya.

Mengenang Sejarah dalam Tempat Wisata Di Surabaya

Masih berhubungan dengan peristiwa 10 November, Surabaya kemudian membangun Tugu Pahlawan yang menjadi salah satu ikon kota hiu dan buaya ini. Tugu putih itu berdiri tegak menjulang di tengah kota Surabaya, seakan-akan menantang langit biru di atas. Tak hanya itu, di samping tugu terdapat dua bangunan unik mirip dua susun piramida yang setengah jadi. Tempat wisata di Surabaya ini sering dijadikan tujuan untuk berburu foto karena lanskapnya yang indah.

Tempat Wisata Di Surabaya yang Berbau Militer

Unik memang, namun Surabaya dapat menghadirkan beberapa tempat wisata di Surabaya yang berkaitan dengan militer menjadi menarik untuk dikunjungi. Tempat pertama yakni Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410, atau biasa disingkat menjadi Monkasel. Monumen ini terletak di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Di tempat ini, Anda mungkin bisa mengajak sanak saudara untuk menyaksikan betapa gagahnya alutsista (alat utama sistem pertahanan) yang dimiliki Republik Indonesia ini. Asal tahu saja, Monkasel ini sebenarnya adalah kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan salah satu armada Angkatan Laut RI tahun 1952 buatan Uni Soviet. Aspek historisnya membuat Monkasel patut dimasukkan dalam daftar tempat wisata di Surabaya Indonesia yang berharga.

Melanglang Buana ke Tempat Wisata di Surabaya

Mungkin bagi beberapa dari Anda, berkunjung ke tempat wisata di Surabaya dengan nuansa historis masih terasa berat. Tapi jangan khawatir, terdapat banyak tempat bagi Anda di Surabaya untuk bersenang-senang. Jika Anda datang bersama keluarga, Anda dapat datang ke Kebun Binatang Surabaya (Surabaya Zoo). Lalu apanya yang istimewa? Tentu saja kebun binatang ini berbeda karena Surabaya Zoo adalah kebun binatang terbesar se-Asia Tenggara, dengan jumlah koleksi binatang yang cukup lengkap. Super! Atau mungkin mencoba melewati jembatan terpanjang se-Asia Tenggara, Suramadu, tentu akan menjadi pengalaman yang menarik.

Jangan salah, Surabaya juga memiliki tempat wisata alam untuk dikunjungi. Cobalah sesekali hadir ke Hutan Mangrove yang terletak di Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Anda akan mendapatkan pengalaman yang beda dari biasanya. Di sana Anda akan diajak menyusuri sungai yang diapit hutan bakau dan tambak di sisi kanan dan kirinya dengan menggunakan perahu. Tak hanya itu, pengunjung juga akan diajak beristirahat di beberapa pos penjagaan untuk menyantap bandeng bakar lempung. Selain apa yang sudah disebutkan di atas, masih ada Jatim Park, Taman Safari Prigen, Tretes, Wisata Lumpur Lapindo, bahkan belanja tas kulit di Tanggulangin. Namun, terlepas dari tempat wisata di Surabaya mana yang Anda pilih, hal terpenting dalam liburan adalah bagaimana Anda dapat menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga Anda.

Incoming search terms:

Tempat Wisata di Surabaya, Kota Historis Penuh Kejutan | Rahimawati Imut | 4.5