Tempat Wisata di Lombok, Indahnya Alam Kita

Friday, March 15th, 2013 - Tempat Wisata

Sudah jamak diketahui bahwa banyak tempat wisata di Lombok yang mempesona. Lombok merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sama dengan pulau tetangganya yang lebih terkenal di dunia internasional, yakni Pulau Bali, Lombok juga memiliki pantai yang indahnya tak bisa dibandingkan. Selain pasir putihnya yang luar biasa, ombak yang ada di pantai-pantai ini juga menyenangkan. Mungkin bedanya dengan Bali hanya jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana. Tak hanya alamnya yang dapat dinikmati, Lombok juga memiliki beragam kerajinan tangan yang tak dapat ditemui selain di tempat asalnya. Berikut adalah tempat wisata di Lombok yang menarik bagi Anda.

tempat wisata di lombok

Tempat Wisata di Lombok

Selain pantai Senggigi yang terkenal dengan pantai pasir putihnya, masih banyak lagi lokasi-lokasi indah yang bisa dijadikan rujukan tempat wisata di Lombok. Misalnya saja pulau-pulau kecil di Lombok yang menawarkan keindahan bawah laut yang masih asri. Sebut saja Gili Air, Gili Meno, GIli Trawangan, Gili Nanggu, serta Gili Sundak. Salah satu tempat unik lainnya di Lombok adalah Batu Bolong. Pengaruh agama Hindu yang kuat di Bali ternyata juga menyebar di Lombok. Di situs Batu Bolong ini, terdapat karang besar yang menjorok ke laut. Terdapat lubang besar di tengah karang tersebut. Di bagian atasnya, berdiri dengan kokoh sebuah pura, di mana ketika cuaca cerah Anda bisa melihat langsung gunung Agung di pulau Bali.

Tak hanya pantainya saja yang menakjubkan, jangan melupakan keberadaan Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB. Meski gunung ini adalah gunung berapi kedua terbesar di Indonesia, banyak pendaki yang sangat menyukai gunung Rinjani karena pemandangan luar biasa yang disajikan oleh tempat wisata di Lombok ini. Selain itu, ternyata Lombok juga memiliki Air Terjun Sendanggile. Lokasinya yang berada di Desa Senaru, Bayan ini merupakan gerbang pendakian menuju Gunung Rinjani. Hati-hati, di sini terdapat ratusan monyet yang siap menyambut kedatangan Anda.

Mutiara Tempat Wisata di Lombok

Ketika bicara soal mutiara, tak ada yang dapat menyangkal keindahan mutiara yang berasal dari Lombok. Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Lombok khusus daerah Sekarbela. Di sana Anda dapat menemukan beragam rangkaian perhiasan yang terbuat dari mutiara. Ada gelang, kalung, anting-anting, juga beragam aksesoris lainnya yang disusun dari mutiara-mutiara indah. Terkadang bulir-bulir mutiara ini digabungkan dengan emas maupun perak. Karena banyaknya wisatawan yang tertarik dengan nama besar Sekarbela, toko-toko yang ada di sini pun dapat melayani pembayaran dengan menggunakan kartu kredit serta uang dollar.

Tempat Wisata di Lombok Penuh Kerajinan Tangan

Selain mutiara, salah satu andalan oleh-oleh khas yang berasal dari Lombok adalah kain songket. Jika Anda berkunjung ke Sukarara, yakni salah satu desa tempat wisata di Lombok Tengah, maka Anda akan menemukan para wanita di sini menunjukkan secara langsung kemampuan mereka dalam menenun benang-benang hingga membentuk kain dengan pola yang menakjubkan. Selain polanya yang khas, kain tenun Sukarara terkenal karena masih digunakannya alat tenun tradisional dalam pembuatannya. Tentu tak ada salahnya untuk mencoba melihat-lihat tempat wisata di Lombok ini. Jika Anda berminat dengan ragam kain nusantara, di sini Anda bisa mendapatkan kain tenun dengan rentang harga antara seratus ribu hingga lima juta rupiah, tergantung kerumitan.

Banyaknya wisatawan yang datang berkunjung, membuat sentra kerajinan tangan masyarakat juga semakin meningkat. Di antaranya adalah penghasil gerabah dengan motif yang khas dengan daerah pembuatnya. Jika kita pergi ke tempat wisata di Lombok Timur bernama Masbagik, di sana Anda akan menemukan dekorasi kerang laut, toreh serta motif-motif geometris pada gerabahnya. Sementara di Penunjak, masyarakat menghiasinya dengan cerek maling. Selain gerabah, adapula tempat wisata di Lombok yang menyediakan kerajinan tangan dari rotan di Beleka, sementara di Loyok terdapat beragam tas hiasan dinding, dan sebagainya yang berasal dari bambu.

Belanja dan Bermain di Tempat Wisata di Lombok

Salah satu hal yang mengasyikkan adalah ketika kita berkunjung ke Pantai Senggigi kita bisa bermain sekaligus berbelanja di sini. Seperti yang kita ketahui, bahwa pantai Senggigi ini memiliki pasir putih yang sangat indah. Pemandangannya pun tak meragukan lagi. Foto-foto yang dihasilkan di tempat ini pastilah sangat mempesona. Jika ternyata Anda tak sempat berjalan-jalan langsung ke sentra kerajinannya, Anda dapat berbelanja di toko-toko sepanjang Jalan Raya Senggigi – Mataram. Jika tak bisa juga, Anda bisa membeli di pusat perbelanjaan oleh-oleh tempat wisata di Lombok seperti Pasar Cakranegara,Pasar Seni Sayang-Sayang, serta Cilinaya Shopping Centre.

Incoming search terms:

Tempat Wisata di Lombok, Indahnya Alam Kita | Rahimawati Imut | 4.5