Tempat Wisata di Jawa Barat, Mengagumi Negeri Sendiri

Wednesday, March 20th, 2013 - Tempat Wisata

Jika Anda ingin merencanakan liburan, cobalah datang ke salah satu tempat wisata di Jawa Barat. Propinsi ini memiliki banyak potensi alam yang cukup menakjubkan. Tak ada salahnya sebelum kita berwisata ke luar negeri, kita jelajahi dulu setiap tempat wisata yang bisa kita temukan di Indonesia. Jangan salah, Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata yang menjanjikan. Tak hanya alamnya saja yang indah, kita juga bisa menikmati lokasi wisata yang menawarkan sensasi kebudayaan, pendidikan, bahkan kuliner yang khas sehingga meninggalkan memori indah di kepala Anda. Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata di Jawa Barat yang termasuk dalam daftar teratas tujuan wisata di Jawa Barat.

tempat wisata di jawa barat

Melirik Gunung Tempat Wisata di Jawa Barat

Ketika bicara wisata alam yang ada di Jawa Barat, sebenarnya terdapat banyak sekali pilihan yang bisa Anda ambil. Cobalah untuk pergi ke Gunung Tangkuban Perahu. Di tempat wisata di Jawa Barat ini Anda bisa melihat keindahan salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia. Oleh karena itu, yang menjadi daya tarik dari gunung ini adalah keberadaan kawah aktif yang masih panas. Di antaranya, tiga kawah yang paling terkenal adalah Kawah Ratu, Kawah Domas, serta Kawah Upas. Tak hanya itu, di sini juga ada mata air panas. Anda bisa menunggang kuda yang disewakan untuk menuju salah satu dari kawah tersebut. Karena uniknya pemandangan Tangkuban Perahu yang gersang, berbau belerang yang cukup menyengat, disertai asap keputihan dari kawah, membuat lokasi ini menjadi tempat wisata di Jawa Barat dan sekitarnya favorit.

Selain Gunung Tangkuban Perahu, ada lagi wisata gunung yang mungkin menarik hati Anda. Sebut saja tempat wisata di Jawa Barat ini sebagai Kawah Putih. Berlokasi di Gunung Patuha, Kawah Putih ini merupakan bekas kawah tua yang menakjubkan. Dengan warna kawah yang hijau muda, suasana Kawah Putih menjadi semakin pucat dengan pasir-pasir putih di sekeliling kawah. Belum lagi adanya asap tipis di atas kawah, dan terkadang diselingi letupan dari lumpur hidup yang menambah keeksotisan tempat ini. Terlebih, warna air di Kawah Putih ini terkadang berubah-ubah jika terkena sinar matahari.

Bermain Air di Tempat Wisata di Jawa Barat

Pernah mengunjungi Grand Canyon yang ada di Arizona? Di sana kita disuguhi pemandangan alam dari tebing curam yang terbentuk oleh sungai Colorado. Tapi tahukah Anda jika kita memiliki wisata tebing yang jauh lebih indah? Cobalah datang ke Green Canyon, atau Cukang Taneuh. Tempat wisata di Jawa Barat ini menawarkan pengunjungnya untuk berenang di aliran sungai Cijulang. Sungai ini membelah tebing batuan yang masih terus terbentuk oleh aliran air. Dengan perahu yang disediakan di sana, Anda juga bisa melihat air terjun Palatar yang luar biasa di dalam gua Green Canyon. Air terjun spektakuler lainnya bisa Anda saksikan di kabupaten Sukabumi. Air terjun Curug Cikaso ini memiliki tiga aliran air terjun dengan ketinggian 80 meter dan lebar tebing hampir mendekati 100 meter. Sungguh menawan!

Mengunjungi Pantai Tempat Wisata di Jawa Barat

Selain wisata air tawar, Anda juga bisa menikmati wisata pantai juga. Cobalah datang ke tempat wisata di Jawa Barat bernama pantai Pangandaran. Anda bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dengan indahnya dari Cagar Alam Pananjung. Di tempat itu juga kaya akan koleksi flora dan faunanya. Tapi jika Anda sudah bosan dengan Pangandaran, cobalah datang ke Sukabumi tepatnya pantai Ujung Genteng. Bagi Anda yang memiliki hobi berselancar, maka Anda harus mencoba merasakan berselancar di atas “ombak tujuh” yang cukup menantang.

Tempat Wisata di Jawa Barat yang Mendidik

Tak selamanya liburan hanya diisi dengan bersenang-senang dan sekadar menghabiskan uang dan waktu luang. Dengan berkunjung ke tempat wisata di Jawa Barat Museum Geologi Bandung, Anda tak hanya sekadar berlibur namun juga menambah ilmu pengetahuan. Terletak di jalan Diponegoro no. 57 Bandung, museum ini menyediakan koleksi lengkap fosil sejumlah lebih dari 60 ribu, serta batuan purba dan mineral yang koleksinya dapat mencapai jumlah 250 ribu. Selain mendidik, tempat ini juga termasuk tempat wisata di Jawa Barat murah.

Selain apa yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak tempat-tempat rekreasi yang belum banyak terekspos. Misalnya saja Taman Bunga Nusantara, Gua Lalay, Pantai Pelabuhan Ratu, arung jeram di Sungai Citarik, dan lain sebagainya. Tentu, tak ada salahnya kita bermain-main dulu di dalam negeri, mendatangi tempat wisata di Jawa Barat serta wilayah lain di Indonesia, sebelum kita wisata ke luar negeri.

Incoming search terms:

Tempat Wisata di Jawa Barat, Mengagumi Negeri Sendiri | Rahimawati Imut | 4.5