23rd April 2013 Cat: Tarian Tradisional Indonesia with No Comments »

Ada suatu tarian tradisional yang bernama Tari Saman merupakan suatu tarian tradisional yang berasal dari aceh, tarian ini merupakan tarian yang unik dilakukan oleh masyarakat Aceh. Mereka melakukan tarian ini secara berkelompok yaitu terdiri dari 10 orang, tarian saman ini merupakan tari tradisional yang tidak melakukan banyak gerakan badan. Karena gerakan yang dilakukan untuk Tari Saman Aceh ini merupakan gerakan dari tangan, mereka berkelompok yang terdiri dari 10 orang pria atau 10 orang wanita dan duduk secara khusus mengenakan pakaian adat berwarna hitam dan putih.

Tari Saman dengan Koordinasi Tangan

TARI SAMAN DARI ACEH

Tarian ini dilakukan dengan koordinasi tangan mereka dan menggerakan nya dengan indah sesuai irama dan tempo yang ada, untuk melakukan kombinasi tarian ini dapat tercipta setelah mereka melakukan latihan secara bersama untuk beberapa kali sebelum mereka dapat melakukan nya dengan sempurna. Dalam melakukan Tari Saman ini tidak hanya bermakna untuk memberikan penampilan tangan saja, namun sambil membawakan tarian tangan ini merek ajuga memanjatkan syair – syair dan puji – pujian kepada Allah yang maha kuasa.

Tari Saman dengan Panjatan Syukur

Mereka memanjatkan syukur atas karunia yang mereka berikan untuk manusia, oleh sebab itu mereka menari dan bernanyi karena mereka bahagia dengan semua yang disediakan Allah di bumi ini. Tari Tradisional Saman ini biasanya dilakukan pada acara tertentu saja yang melibatkan sekelompok orang penari, yang biasanya diadakan pada hari ulang tahun nabi besar Muhammad saw atau yang biasa disebut hari peringatan maulid nabi muhhamad saw.

Pada jaman dahulu kala, Tari Saman tersebut hanya dilakukan untuk acara besar seperti itu, namun seiring perkembangan jaman dan banyak nya orang yang mulai tertarik mempelajri kebudayaan ini maka tarian ini tidak lagi hanya ditampilkan utuk kegiatan tertentu saja namun juga dapat ditampilkan pada saat ada pertunjukan music. Di televisi sendiri juga sering menyiarkan tarian saman pada saat acara music modern berlangsung di panggung yang megah, mereka menampilkan tarian saman di sela – sela pertunjukkan music modern yang megah dengan tujuan agar para pemirsa dapat melihat dan turut melestarikan kebudayaan bangsa lain yang kini mulai surut dan terkikis akibat masuknya budaya asing,

Untuk lagu dalam Tari Tradisional Saman Event ini biasa dikenal ada 5 lagu khusus yang berbeda, yaitu Rengum, dering, redet, syek dan saur yang memiliki fungsi  yang berbeda. Rengum merupakan kalimat yang diucapkan saling menyambung antara semua kelompok, sedangkan dering merupakan kelanjutan dari regnum yang diikuti oleh semua penampil, dan redet yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh penari pada bagian tengah kiri. Dan syek sendiri merupakan lagu dengan suara panjang tinggi melengking yang biasanya diikuti dengan perubahan gerak dan saur merupakan lagu yang diulang bersama oleh semua penari setelah para penampil menyelesaikan bagian nya masing – masing dalam Tari Saman.

Video Yang disunting dari Youtube untuk Tari Tradisional Aceh Saman

Leave a Comment for Tari Saman yang Menarik dari Aceh


× five = 35