Tari Remo dan Keagungannya

Monday, May 6th, 2013 - Tarian Tradisional Indonesia

Ketika seorang tamu yang mempunyai kedudukan tinggi dangan berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Timur, pasti tamu itu akan disambut dan diirngi dengan Tari Remo. Tentu saja, sang tamu agung akan terpukau dengan tarian ini yang penuh wibawa dan maskulin aura yang pasti akan dipancarkan oleh sang penari. Dengan tarian yang sangat menawan ini, siapa yang tidak akan terpukau? Dibalik kemewahan tarian ini, rupanya ada suatu sejarah yang bisa dikatakan sebagai sejarah yang spesial dan tidak terduga.

TARI REMO TRADISONAL INDONESIA

Asal Mula Tari Remo

Meskipun tari Remo Indonesia adalah tarian yang bisa dikategorikanse bagai tarian yang mewah dan layak untuk digunakan dalam acara-acara besar dan formal, tarian ini rupanya dibuat dari sebuah kasta yang tidak terduga. Kasta itu bukan lain adalah para pengamen tari yang berkedudukan di desa Ceweng, Jombang. Ya, tarian yang sekarang digunakan secara mewah ini diciptakan oleh pengamen! Tarian ini sering digunakan untuk mengiri acara yang bisa ditonton secara masal, seperti ludruk (drama yang dibuat dalam bentuk tari). Ludruk dan tari Remo bersatu, dan masal membayar para pengamen dari pertunjukan yang mereka berikan.

Lalu bagaimana Tari Remo bisa “berevolusi” menjadi tarian yang dipakai dalam acara-acara megah? Sebenarnya, tarian ini dulu masih sering digunakan sebagai pendamping ludruk. Akan tetapi, tarian ini mulai sering digunakan untuk mengisi acara-acara penting, seperti menyambut tamu agung yang biasanya adalah tamu kenegaraan. Lalu, tarian ini juga mulai digunakan dalam festival-festival tari agar bisa melambungak nama daerah Jawa Timur dan serta untuk melestarikan budaya dan adat yang mulai diggantin dengan kehidupan modern. Hal ini membuat Remo lebih sering digunakan untuk acara-acara megah, dan sistem ini tetap digunakan sampai sekarang.

Cerita Tari Remo

Orang-orang pasti berpikir, apa yang membuat tari Remo Jombang sering digunakan untuk acara mewah selain sejarahnya? Tentu saja ada sesuatu yang membuat orang tertarik dengan tarian ini! Tari Remo bukanlah sebuah tarian yang asal-asalan, karena ada sebuah cerita dibalik gerak-gerik penari yang menunjukan tarian ini. Tarian ini menceritakan mengenai seorang pangeran yang sedang bertarung di dalam sebuah erang, berusaha untuk memenangkan perang tersebut. Tetntu saja, hal ini membuat tarian ini membutuhkan penari pria yang bisa menunjukan sis maskulin pria yang bisa menunjukan perjuangan sang pangeran untuk mempertahankan dirinya.

Akan tetapi, sekarang tidak sedikit perempuan yang mulai menampilkan tarian ini. Tentu saja, hal ini adalah hal yang masuk akal karena tarian ini perlu dilestarikan oleh Indonesia dan daerah dimana tarian ini berasal (Jombang). Tenang saja, karena versi perempuan Remo tidaklah jauh berbeda dengan versi pria yang asli. Perbedaannya hanyalah pengantar tarian yang sekarang adalah perempuan. Sang penari perempuan juga tetap menggunakan kostum pria yang biasanya digunakan dalam Tari Remo ini, membuat orang-orang bisa menikmati tarian ini tanpa harus mencari versi yang paling asli dari tarian ini.

Incoming search terms:

Tari Remo dan Keagungannya | Rahimawati Imut | 4.5