Tari Pendet yang Patut Dilestarikan

Tuesday, April 23rd, 2013 - Tarian Tradisional Indonesia

Ada suatu tarian indah yang bernama Tari Pendet merupakan sebuah tarian indah yang berasal dari Bali, tarian ini merupakan salah satu tarian adat yang paling sacral bila dibandingkan dengan tarian adat yang lain karena tarian pendet ini menggunakan unsure mistis yang berada di dalamnya. Tari Tradisional Pendet Adalah melambangkan subuah penyambutan dewa yang turun dari atas yang masuk ke dalam dunia dan merasuk ke dalam jiwa yang sedang menari. Tari Tradisional Pendet tergolong agak susah dalam melakukan tarian tersebut dan untuk orang yang sudah ahli menarikan yang bisa, karena untuk orang yang belum mengetahui akan kesulitan dalam menyeimbangkan,

Tari Pendet Untuk Sambutan Selamat Datang Kepada Dewa – Dewa

TARI PENDET DARI BALI

Tarian pendet ini hanyalah suatu sambutan kepada dewa yang berada di alam lain untuk memasuki alam manusia, mereka memberikan dewa – dewa sambutan yang bertujuan agar dewa – dewa tersebut menyukai dan merasa terhibur karena adanya sambutan tersebut. Sehingga dewa – dewa tersebut suka dengan Tari Pendet untuk bersemayam di bumi ini dan memberikan manfaat khusus bagi masyarakat nya dan juga berfungsi sebagai pelindung masyarakat.

Tari Pendet Dilakukan Secara Berpasangan Maupun Kelompok

Tari Tradisional Pendet ini dilakukan dengan cara berpasang – pasangan pria dan wanita atau dapat juga dilakukan dengan sekelompok missal oleh kaum pria yang biasanya dilakukan di gunung. Busana yang ada pada tari pendet antara lain mengenakan tapih berwarna hijau, kamen berwarna merah, angkin prada berwarna kuning dan selendang berwarna merah polos tanpa motif. Sedangkan untuk hiasan yang digunakan penari pendet ini antara lain dengan rambut sasak dan menggunakan bunga kamboja, bunga mawar, bunga semanggi dan bunga sandat yang memiliki pola aturan dan susunan masing – masing baik itu diletakkan secara melengkung ataupun decara memanjang.

Untuk pelengkapan Tarian Pendet biasanya mengginakan bokor yang dihiasi dengan ornament janur, dengan motif potongan yang disesuaikan sendiri sesuai dengan penarri tersebut, bias juga dengan motif irisan belah ketupat atau dengan penggabungan motif- motif yang ada. Tari pendet ini sendiri dilakukan dengan gerakan yang lemah gemulai tanpa tenaga, untuk menarikan tarian pendet biasanya dilakukan oleh penari perempuan dengan pola gerakan dinamis yang biasanya dilakukan pada saat upacara atau kegiatan khusus yang dilaksanakan di Bali dengan membawa sengku, kendi, atau cawan dengan perlengkapan sesajen khusus untuk ditampilkan.

Tarian Pendet Pada Awalnya berdiri pada tahun 1950, saat pertama kali diciptakan biasanya tarian ini dilakukan hanya untuk upacara – upacara khusus saja, namun kini banyak juga yang menampilkan tarian pendet ini di berbagai tempat sebagai bentuk apresiasi seni dan keinginan mereka untuk mempelajari tarian pendet secara lebih jauh serta untuk pengembangan budaya dari Tari Pendet.

Inilah video yang diambil dari Youtube tentang Tari Tradisional Pendet

Incoming search terms:

Tari Pendet yang Patut Dilestarikan | Rahimawati Imut | 4.5