17th March 2013 Cat: Tarian Tradisional Indonesia with 3 Comments

Tari Gambyong adalah tarian yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah, tepatnya Kota Surakarta.  Tarian ini merupakan salah satu tarian yang dipentaskan dalam rangka memeriahkan acara resepsi perkawinan atau seringkali juga dimainkan untuk menyambut para tamu.  Yang menjadikannya terasa begitu lain dengan tarian lainnya ialah tari gambyong ini selalu diawali dengan Gending Pangkur.   Tarian ini terasa sangat elok diliat atau terasa begitu aduhai ketika sipenari menari-nari selaras dengan irama musik mengirinya, apalagi ketika dia begitu wahhh ketika bergerak seirama dengan suara kendang yang merupakan salah satu daya tarik tersendiri tarian gambyong.

Seorang penabuh kendang dalam tarian ini bukanlah orang yang sembarangan karena dia harus mampu menyesuaikan dengan liak-liuk tubuh sang penari namun juga harus tetap seirama dengan gending.   Oleh sebab itu, sipenari tidak akan dapat menari dengan baik tanpa diiringi dengan suara kendang yang senada dengan goyangannya.  Saking selarasnya antara suara kendang dan sipenari gambyong menjadikan dua hal ini menjadi tidak dapat terpisahkan.

tari gambyong

Tari Gambyong Instrumen

Alat musik atau instrumen yang biasanya digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah sebagai berikut :

  1. kendang
  2. gender
  3. penerus gender
  4. bonang
  5. kenong
  6. kempul
  7. gong

Sejarah Tari Gambyong

Pada mulanya tarian ini hanyalah tarian jalanan yang juga dipentaskan oleh penari jalanan yang biasa disebut dengan sebutan Tledek (Bahasa Jawa).  Nama Tledek yang menarikan tarian ini adalah Gambyong, ia sangat terkenal hampir diseluruh wilayah Surakarta pada Zaman Sinuhun Paku Buwono IV ( 1788 s/d 1820).   Sosok sang penari yang begitu sangat cantik dan tentunya dia juga dapat menarikan tarian tersebut dengan sangat elok dan begitu indah dan ditambah lagi ia juga memiliki suara yang merdu, sehingga tak dapat dipungkiri lagi dia menjadi sangat tersohor kala itu.  Dan semenjak itulah tarian yang dimainkannya dijuluki Tarian Gambyong.

Gerak Tari

Yang menjadi pusat dari keseluruhan tarian ini terletak pada gerak kaki, lengan, tubuh, dan juga kepala.  Gerakan kepala dan juga tangan yang begitu terasa begitu terkonsep adalah ciri khas utama tari Gambyong.  Selain itu pandangan mata selalu mengiringi atau mengikuti setiap gerak tangan dengan cara memandang  arah jari-jari tangan juga merupakan hal yang sangat dominan. Selain itu gerakan kaki yang begitu harmonis seirama membuat tarian gambyong terlihat begitu sangat aduhai.

Berikut Video Tari Gambyong yang diambil dari Youtube.

Nah mungkin itulah sekilas penjelasan mengenai tari gamyong semoga dengan adanya tulisan ini dapat sedikit menambah kecintaan kita terhadap budaya bangsa tercinta Indonesia Raya.   Kalau bukan kita yang melestarikan Budaya Indonesia lalu siapa lagi.  Betul gak ??

Comments for Tari Gambyong Tradisi Jawa Tengah yang Aduhai
  1. nabilah 15th May 2013 at 7:31 am

    indahnya ragam tari indonesia

  2. Nadya Ikhsana 1st August 2013 at 4:19 am

    maaf mau nanya,, ini tari tunggal, berpasangan atau kelompok ya??

  3. Aulya Fitranada 17th October 2013 at 1:31 pm

    Waaaahhh hebat yaa. Negeri kita kaya khasanah tradisional yang dapat dikembangkan terus-menerus. Inspiratif.

    Izin mereferensi, Gan. BTK.

    - AF

Leave a Comment for Tari Gambyong Tradisi Jawa Tengah yang Aduhai


+ eight = 15