Tari Bali dan Jenisnya

Sunday, May 5th, 2013 - Tarian Tradisional Indonesia

Tari Bali adalah salah satu dari banyaknya budaya di Indonesia yang bisa dikatakan sebagai “permata” Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh tariannya yang sangat khas Bali, seakan semua mengenai Bali bisa dipelajari hanya dengan tariannya yang sangat tajam tetapi anggun. Tentu saja, tarian dari Bali juga menjadi salah satu atraksi yang sangat digemari oleh turis. Dalam artikel ini, saya akan menulis mengenai beberapa tarian yang telah mengambil hati saya.

TARI BALI - TARI PENDET

Jenis Tari Bali

Jenis tari Bali pertama adalah tari wali. Apa itu tari wali? Tari wali adalah sebuah jenis tarian dari Bali yang dilakukan pada saat kegiatan sakral seperti upacara adat atau upacara agama Hindu, agama yang palig umum di Bali. Tentu saja, karena mereka adalah tarian sakral, ini berarti bahwa tidak banyak orang umum yang bisa melihat tarian tersebut kecuali jika mereka mengikuti acara sakral tersebut. Beberapa tarian Bali yang dapat dikategorikan sebagai Tari Wali adalah Tari Renjang, Tari Baris, Tari Pendet, Barong, Tari SahYang, dan lain lain.

Tari Bali kedua yang akan dibicarakan adalah tarian bernama Tari Bebali. Tidak seperti Tari wali, Tari Bebali adalah jenis tarian yang bisa dikatakan semi-sakral. Hal ini dikarenakan bahwa tarian dibawah kategori ini sering kali digunakan didalam dan diluar acara sakral, dan ini berarti tarian-tarian dibawah Bebali juga digunakan sebagai tarian hiburan. Akan tetapi, fakta bahwa mereka adalah tarian semi-sakral juga tidak boleh dilupakan, dan hal ini membuat tarian-tarian dibawah kategori bebali sangat penting meskipun mereka terlihat sepele. Tari Bebali yang sering digunakan adalah Tari Topeng, Gambuh, Wayang Woh, dan Drama Tari yang juga bisa dikatakan sebagai Tari Bali berkelompok.

Tari Bali yang terakhir adalah Tari Balih-Balihan, kategori tarian yang sepenuhnya adalah tarian hiburan. Banyak tarian yang didalam kategori Balih-Balihan banyak dipentaskan di panggung dan gedung agar banyak orang bisa melihat tarian-tarian tersebut. Tentu saja, sebagai tarian hiburan, banyak Tari Bali kreasi baru bisa ditemukan didalam kategori ini. Banyak penari menggabungkan elemen modern dengan elemen klasik dan tradisional, membuat tarian-tarian Bali baru yang juga unik. Beberapa tarian dalam kategori ini adalah Tari Pendet, Puspa Sari, Tari Legong, dan lain lain.

Memahami Bali dengan Tari Bali

Seperti yang bisa dilihat, banyak tarian dari Bali yang bisa kita kagumi. Tentu saja,  kekaguman hanyalah satu aspek yang bisa didapat dari tari-tari ini, karena pengalaman ilmu juga bisa didapatkan dari tarian-tarian ini, terutama tarian yang berasal dari Bali. Saya yakin orang-orang akan terpukau oleh tarian yang berunsur Bali ini, dan keindahan Bali akan bisa dirasakan lebih kental bagi orang-orang yang sudah melihat tarian-tarian diatas. Melihat Tari Bali adalah pengalaman yang pasti memuaskan dan memberikan ilmu yang berbeda dari yang lain.

Tari Bali – Video Tari Pendet

Incoming search terms:

Tari Bali dan Jenisnya | Rahimawati Imut | 4.5