Rumah Adat Jawa Timur dan Kemiripannya dengan Jawa Tengah

Friday, April 19th, 2013 - Rumah Adat

Jika membicarakan tentang rumah adat Jawa Timur, maka sedikit banyak kita akan diingatkan oleh bentuk rumah Jawa Tengah, karena dari nama dan arsitekturnya sama. Keduanya disebut Joglo, dan penampilan eksteriornya hampir sama. Tapi artikel ini akan membahas tentang rumah joglo yang ada di Jawa Timur, yang khususnya terdapat di daerah Ponorogo. Pada umumnya, rumah Joglo di daerah Ponorogo terdiri dari 2 ruangan: ruangan depan dan ruangan belakang. Rungan depan disebut pendopo, dan ruangan belakang biasanya terdiri dari kamar atau ruang-ruang pribadi.

Rumah Adat Jawa Timur dengan Jawa Tengah Mirip

rumah adat jawa timur

Seperti di suku Jawa Tengah, ruangan depan disebut “pendopo”. Pada dasarnya pendopo di kedua rumah ini mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk menampung tamu dan sebagai tempat pertemuan atau acara resmi. Sedangkan ruang belakang pada rumah adat ini digunakan sebagai ruang pribadi, biasanya untuk dapur dan ruang-ruang tidur. Dari penampakan luarnya, rumah adat Jawa Tengah dan Jawa Timur hampir sama. Dengan kesamaan secara umum ini, banyak orang yang tidak tahu menganggap dua suku ini mempunyai jenis rumah yang sama.

Pada rumah adat Jawa Timur yang kebanyakan ada di Ponorogo mempunyai atap berbentuk seperti gunung. Pengambilan contoh bentuk atap ini mempuanyai filosofi bahwa rumah adalah sebaik-baik pelindung dan tempat tinggal, seperti gunung. Gunung juga merupakan perlambang akan hal-hal sakral yang ditinggikan oleh banyak anggota masyarakat Jawa pada saat itu. Pada jaman dahulu kala, pada rumah-rumah ataupun beberapa aspek kehidupan masyarakat Jawa dipenuhi oleh hal-hal yang berbau mistis. Hal ini dikarenakan kecintaan masyarakat Jawa akan animisme dan dinamisme, juga akan hal-hal mistis dan magis.

Perbedaan Dasar antara Rumah Adat Jawa Timur dengan Jawa Tengah

Ketidaktahuan orang yang belum pernah mempelajari rumah adat suku-suku di Indonesia terutama rumah adat Jawa Timur dan Jawa Tengah akan membuat mereka berpikiran bahwa rumah Joglo di kedua daerah ini sama saja, padahal sebenarnya berbeda. Dalam rumah adat Jawa Tengah, terdapat tiga ruangan, termasuk ruang pringgitan atau ruang untuk memainkan wayang; sedangkan di dalam rumah Jawa Timur tidak terdapat pringgitan, hanya ruang depan (pendopo) dan ruang belakang saja.

Mempelajari kebudayaan Indonesia juga termasuk mempelajari produk-poduk budaya bangsa kita. Bahasa, pakaian, dan nama-nama rumah adat juga termasuk dalam properti kebudayaan bangsa Indonesia. Untuk pencarian yang lebih lanjut, mencari di Internet tentang  rumah adat Jawa Timur dan penjelasannya bisa membantu anda mempelajari suku Jawa Timur dan rumah Joglo-nya. Sebagai bangsa Indonesia kita juga harus mempelajari hasil budaya suku-suku lain, termasuk rumah adat Jawa Timur dan suku-suku lainnya di Indonesia.

Incoming search terms:

Rumah Adat Jawa Timur dan Kemiripannya dengan Jawa Tengah | Rahimawati Imut | 4.5