16th April 2013 Cat: Rumah Adat with 3 Comments

Walaupun Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dengan berbagai jenis bangunan adat, rumah adat Jawa Barat yang terkenal dengan nama rumah adat Jawa Barat Kasepuhan tidak begitu banyak ditemui sekarang ini. Mungkin karena perkembangan jaman, tidak begitu banyak orang yang ingin mempunyai rumah berbentuk seperti rumah adat. Kebanyakan orang sekarang emnginginkan rumah yang berbentuk atau bernuansa modern, bisa jadi dikarenakan tuntutan jaman dan keinginan mempunyai rumah dengan bentuk yang jauh lebih sederhana dengan suasana modern.

RUMAH ADAT JAWA BARAT SUNDA

Namun demikian, banyak rumah yang mempunyai bentuk interior yang sedikit banyak mirip dengan rumah adat Jawa Barat. Interior seperti ini banyak ditemui di desain rumah-rumah makan, gedung-gedung bersejarah, atau beberapa tempat seperti instansi pemerintahan. Walaupun tidak banyak penduduk Indonesia ber-rumah adat Sunda lagi, banyak tempat umum di sekitar kita seperti yang disebutkan tadi menggunakan desain interior rumah adat Kasepuhan. Pembuatan rumah seperti ini menggunakan dua pendekatan dalam membangun rumah, biasanya merupakan perpaduan antara desain modern dan tradisional.

Rumah Adat Jawa Barat dan Pembuatannya

RUMAH ADAT SUNDA JAWA BARAT

Kebanyakan rumah adat yang ada di Indonesia pada zaman dahulu dibangun dari bahan-bahan yang diambil dari alam, seperti kayu atau bambu. Beberapa rumah adat di daerah lain di Indonesia ada yang dibangun dari dedaunan, ijuk, atau batu. Rumah adat jawa Barat dibangun dari kombinasi kayu, tanah, dan bambu. Di samping itu, bangunan induk dari rumah adat ini tidak dibangun langsung di atas tanah, namun dibangun dengan model rumah panggung; jadi ada penyangga bangunan yang diancapkan di tanah.

Tujuan dari bentuk rumah panggung dari rumah adat Jawa Barat adalah untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah dan memberi perlindungan bagi anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah dari serangan binatang buas/liar. Rumah yang dibangun kira-kira 40-60 cm di atas tanah ini melindungi orang-orang yang tinggal di dalamnya dari jangkauan binatang yang mungkin menyerang.

Perbedaan Jenis Rumah Adat Jawa Barat

RUMAH ADAT JAWA BARAT

Dilihat dari bentuk atapnya, orang Sunda menyebut bentuk atapnya sebagai Suhunan. Karena letaknya beberapa cm dari tanah, rumah kasepuhan biasanya mempunyai tangga kecil di depan rumah agar orang-orang bisa masuk ke dalam rumah tersebut melalui tangga tersebut yang terletak di pintu depan. Rumah kasepuhan dibuat di setiap daerah di Jawa Barat dengan bentuk yang berbeda-beda. Tujuannya adalah agar orang Sunda bisa membuat rumah yang sesuai dengan kepentingan mereka. Oleh karena itu, banyak ditemukan perbedaan jenis rumah adat di Jawa Barat dikarenakan alasan tersebut. Anda juga bisa mencari beberapa ulasan dan penjelasan lebih lengkap tentang rumah adat Jawa Barat dari entry rumah adat Jawa Barat Wikipedia dari internet.

Comments for Rumah Adat Jawa Barat yang Ada di Sekitar Kita
  1. lukisan minimalis 30th May 2013 at 4:33 am

    terima kasih gan atas sharenya. salam kenal.

  2. kontol52 18th January 2014 at 1:31 am

    Wah, artiketlnya sangat menarik, I like this

  3. m adiyansah 18th January 2014 at 1:43 am

    Ya buduk

Leave a Comment for Rumah Adat Jawa Barat yang Ada di Sekitar Kita


four × = 12