17th April 2013 Cat: Rumah Adat with No Comments »

Di salah satu stasiun TV swasta dulu, seringkali kita melihat acara si Doel anak Sekolahan yang tinggal di rumah adat Betawi nya. Melalui acara ini kebanyakan masyarakat Indonesia mengenal bentuk dan konstruksi umum rumah adat dari suku Betawi ini. Dewasa ini, tidak begitu banyak orang Betawi yang mempunyai rumah yang dibangun menggunakan aturan tradisional suku Betawi. Mungkin dikarenakan langkanya lahan yang ada di sana, jadi sudah tidak banyak lagi penduduk Betawi yang memakai rumah seperti ini. Namun ada juga sebagian penduduk yang masih tinggal di rumah adat seperti ini, di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan di sebuah kampung wisata yang bernama kampung wisata Setu Babakan.

Rumah Adat Betawi dan sedikit uraiannya

rumah adat betawi jakarta

Rumah ini termasuk dalam bentuk rumah panggung, yang berdiri beberapa cm di atas tanah. Dilihat dari gaya arsitekturnya, rumah adat Betawi seperti mendapatkan pengaruh arsitektur dari beberapa negara seperti Eropa, Arab, dan Cina. Gaya arsitektur yang mirip dengan gaya rumah negara lain terserbut terlihat dari desain pintu, jendela, lubang angin, dan beberapa ornamen rumah yang terdapat di sana. Dilihat dari struktur peletakan ruangnya, rumah adat suku Betawi mirip juga dengan rumah modern yang ada dewasa ini; terlihat dari terdapatnya ruang-ruang dengan fungsi tertentu, seperti ruang umum, ruang pribadi, dan area servis.

Dulunya, rumah adat Betawi dibuat dari bambu. Sedangkan sekarang ini karena pengaruh modernisasi, rumah adat suku Betawi terbuat dari dinding tembok. Jika dulunya lantai rumah tradisional ini terbuat dari tanah, sekarang terbuat dari keramik atau plesteran semen. Rumah ini terlihat sederhana namun tetap terlihat apik dengan pagar kayu yang mengelilingi bangunan rumah. Mungkin inilah yang membuat rumah Betawi terlihat unik.

Anatomi Rumah Adat Betawi

rumah adat betawi jakarta

Saat tamu berkunjung, para tamu dipersilakan duduk di bagian depan rumah atau balai-balai rumah. Teras rumah terbuka dengan beberapa tempat duduk kayu. Tempat ini cukup luas. Yang unik dari rumah adat Betawi adalah dinding bagian depan rumah yang bisa dibongkar pasang. Hal ini bertujuan agar rumah bisa dibuka jika si empunya rumah menyelenggarakan hajatan atau acara sosial yang mengharuskan mengundang banyak orang. Bagian tengah rumah biasanya digunakan sebagai ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan sebagai pembatas terdapat semacam pintu kayu yang diberi kisi-kisi tempat sirkulasi udara. Pada umumnya pintu terbuat dari kayu yang diberi lubang-lubang angin yang juga berfungsi mengatur sirkulasi udara.

Rumah adat suku Betawi mungkin terlihat sederhana namun secara sosial, rumah suku Betawi merupakan jenis rumah yang memperhitungkan fungsi sosial si empunya rumah juga. Karena pada suatu saat, jika empunya rumah ingin mengadakan hajatan atau acara sosial, papan depan rumah dapat dilepas sehingga memungkinkan lebih banyak orang ditampung di dalam rumah. Untuk lebih lengkapnya informasi tentang rumah Betawi, anda bisa mencari rumah adat Betawi wikipedia. Rumah adat Betawi merupakan salah satu jenis rumah adat yang memperkaya khasanah budaya bangsa.

Leave a Comment for Rumah Adat Betawi dan Penjelasannya


nine − = 4