Pakaian Adat Jawa yang Terkenal

Monday, April 22nd, 2013 - Pakaian Adat

Jawa merupakan salah satu propinsi dengan Pakaian Adat Jawa yang terkenal dan juga dengan kapasitas orang terbanyak dibandingkan dengan pulau lain seperti Kalimantan atau Sulawesi. Pakaian Tradisional dari tanah jawa juga sempat menarik perhatian para wisatawan dikarenakan desain nya yang unik dan sederhana sehingga membuat para wisatawan asing menyukai desain pakaian Tradisional jawa ini. Yang paling terkenal dari desain pakaian adat jawa ini yaitu batik.

Pakaian Adat Jawa yang Disukai Oleh Wisatawan Asing

pakaian adat jawa tengah

Para wisatawan asing sangat menyukai desain batik ini karena desain batik ini memiliki daya jual sendiri yang bersifat internasional sehingga kain batik ini sendiri sudah banyak di ekspor ke luar negeri sebagai desain baju. Pakaian Tradisional Jawa Batik ini pada jaman dahulu kala untuk proses pengerjaannya sendiri memakan waktu lama hingga berhari hari dan proses pengerjaanya harus teliti dengan desain yang sesuai, tidak boleh ada tinta yang keluar dari desain dan orang yang mengerjakan harus teliti dan sabar untuk mengerjakan satu desain kain batik dengan kualitas tinggi dan harga jual yang baik.

Pakaian Tradisional Jawa Dalam Upacara Keraton

Namun kini, proses pengerjaan Pakaian Jawa batik tidaklah sesulit pada jaman dahulu kala dengan menggunakan metode seperti itu. Sekarang kita dapat membuat batik dengan mesin modern yang canggih dengan proses dalam beberapa waktu saja sudah dapat menghasilkan satu kain motif batik namun dengan kualitas yang kurang baik bila dibandingkan dengan pengerjaan batik dengan cara tradisional. Untuk penggunaan pakaian dari jawa ini sendiri biasanya dapat digunakan pada saat upacara keraton untuk orang – orang dengan keturunan bangsawan atau raja.

Pada saat upacara keraton mereka menggunakan Pakaian Tradisional Jawa baju beskap dengan motif bunga dengan menggunakan topi blankon, kain samping, dan alas kaki cemila lengkap dengan keris. Pakaian adat ini digunakan untuk laki – laki pada saat upacara keratin yang dinamakan jawi jangkep. Sedangkan Pakaian Adat Jawa Wanita biasanya menggunakan kebaya dengan menggunakan peniti renteng yang kemudian dipadukan dengan kain sinjang atau jarik dengan corak batik, dan rambut nya di sanggul dilengkapi dengan perhiasan seperti anting, cincin, dan kalung dengan bahan emas asli maupun perak.

Itu merupakan Pakaian Jawa Khusus bila digunakan dalam upacara khusus, bagaimana dengan pakaian Tradisional jawa untuk acara biasa? Untuk kalangan biasa mereka hanya menggunakan baju batik dengan celana kain berwarna hitam, dengan ikat pinggang besaem ikat kepala dan sarung. Itu merupakan pakaian yang umum digunakan untuk rakyat biasa yang tidak tergolong dalam bangsawan, melainkan hanya rakyat biasa yang menggunakan pakaian tersebut dan dapat digunakan untuk sehari – hari menggunakan Pakaian tradisional Jawa.

Incoming search terms:

Pakaian Adat Jawa yang Terkenal | Rahimawati Imut | 4.5