Pakaian Adat Jawa Timur yang Patut Dilestarikan

Monday, April 22nd, 2013 - Pakaian Adat

Untuk Pakaian Adat Jawa Timur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pakaian adat dari jawa tengah, dikarenakan letaknya yang berdekatan. Serta, pada jaman dahulu kala kebudayaan jawa tengah bamyak masuk dalam jawa timur. Namun tetap yang membedakan pakaian adat jawa tengah dengan pakaian tradisional jawa timur adalah karena pakaian adat jawa tengah lebih melambangkan kesopanan dan tata krama yang baik dalam berlaku dan bertutur kata serta mengambil tindakan.

Pakaian Adat Jawa Timur Dengan Motif yang Tegas Namun Sederhana

PAKAIAN ADAT JAWA TIMUR

Karena orang – orang jawa tengah yang lebih halus dalam menyampaikan pendapat dan terkadang sering malu – malu. Hal ini berbeda dengan orang yang berasal dari jawa timur yang lebih tegas dan terbuka dalam menyampaikan pendapat sehingga motif dan corak yang ada dalam Pakaian Adat Jawa Timur juga melambangkan ketegasan namun juga tetap berkesan sederhana dengan menjunjung etika tinggi.

Dapat Digunakan Untuk Acara Pernikahan

Pakaian Adat Jawa Timur juga berbeda dengan pakaian adat dari jawa barat yang mempunyai banyak kategori dan dapat digunakan untuk beberapa acara special atau tertentu. Pada pakaian tradisioanal jawa timur, orang – orang jawa timur biasanya hanya menggunakan pakaian adat pada saat suatu pernikahan akan berlangsung dan pakaian adat mereka disebut mantenan.

Mereka menggunakan topi dan kain yang di selempangkan di bahu dari kanan ke kiri dengan motif hitam dan merah untuk Pakaian Tradisional Jawa Timur untuk pria, dengan menggunakan celana kain dan juga dengan motif hitam, merah, dan warna emas di bagian bawah celana kain dengan warna dasar hitam tersebut. Untuk Pakaian Adat Jawa Timur Wanita, mereka menggunakan kain berwarna hijau untuk dijadikan celana dengan motif baju seperti kemben dengan corak warna yang sama seperti yang ada pada pria jawa timur yaitu dengan corak warna merah, kuning, dan hitam.

Pada bagian kepala wanita jawa timur juga menggunakan perhiasan khusus seperti mahkota yang berasal dari jawa barat sendiri. Selain dapat digunakan untuk acara pernikahan, Pakaian Tradisional Jawa Timur Berasal dari kebudayaan Madura. Pakaian Madura yang biasanya disebut pesa an juga biasa digunakan oleh masyarakat jawa timur. Pakaian pesa an ini merupakan pakaian yang dapat digunakan tidak hanya untuk acara pernikahan atau ada acara khusus, namun pakaian ini dapat digunakan untuk kegiatan sehari – hari pada jaman dahulu kala. Pakaian pesa an ini merupakan pakaian adat yang sangat sederhana dibandingkan dengan pakaian adat yang lain karena terkesan seperti kaos biasa dengan motif bergaris merah dan putih dengan celana longgar untuk pria. Dan menggunakan kebaya sederhana untuk wanita dalam Pakaian Adat Jawa Timur.

Incoming search terms:

Pakaian Adat Jawa Timur yang Patut Dilestarikan | Rahimawati Imut | 4.5