23rd April 2013 Cat: Pakaian Adat with No Comments »

Masyarakat betawi sendiri merupakan masyarakat yang memiliki Pakaian Adat Betawi dan berasal dari campuran beberapa etnis pada jaman penjajahan dahulu kala. Pada jaman dahulu kala, pemerintahan kita terpecah dan menghasilkan berbagai suku, bangsa, dan budaya yang berbeda pula. Dari situ lahir lah suku betawi yang merupakan campuran dari suatu suku dengan etnis tertentu yang kemudian menikah dan memberi keturunan dengan suatu suku dan etnis dari bangsa lain.

Pakaian Adat Betawi Untuk Pria dan Wanita

PAKAIAN ADAT BETAWI

Kaum betawi merupakan keturunan kaum berdarah campuran yang pada dahulu kala didatangkan oleh Belanda, dan juga merupakan campuran dari suku sunda, jawa, makasar, bugis, ambon, dan lain sebagainya. Masyarakat betawi menggunakan berbagai macam Pakaian Adat Betawi sebagai busana mereka, dengan pakaian tradisional betawi yang umum adalah pakaian adat dengan tutup kepala dan baju jas yang menutupi leher dengan celana panjang kain berwarna hitam dan tidak lupa dengan kain batik yang ada pada lingkaran pinggang mereka, ini merupakan pakaian tradisional betawi untuk pria.

Pakaian Tradisional Betawi Untuk Acara Khusus

Sedangkan untuk Pakaian Tradisional Betawi wanita biasanya menggunakan baju kebaya dengan selendang panjang yang menutupi kepala serta dengan kain batik yang sudah umum dikenal orang. Motif batik yang dikenakan juga bebas, mereka dapat menggunakan motif kain batik yang mereka sukai sendiri. Itu merupakan pakaian adat betawi yang digunakan untuk acara khusus. Karena pemerintah sekarang sudah menerapkan untuk penggunaan batik untuk kegiatan sehari – hari, maka masyarakat sekarang juga perlu menggunakan batik dalam kegiatan mereka tiap hari.

Baju yang digunakan dalam Pakaian Tradisional Betawi juga lebih sederhana, untuk pria biasanya hanya menggunakan baju koko atau yang biasa sering disebut sebagai sadariah, bentuknya sama seperti pada umumnya dengan warna polos dengan celana batik yang berbahan kain dengan warna yang tidak terlalu mencolok, biasanya menggunakan warna yang juga sesuai dengan baju koko tersebut dan warna yang tidak terlalu ramai untuk Pakaian Tradisional Betawi Pria. Juga menggunakan kain pelekat untuk mempermudah penempelan kain yang biasa diletakkan di pundak atau pada leher mereka, tidak lupa mengenakan peci sebagai alas kepala mereka.

Itu merupakan pakaian tradisional betawi untuk digunakan sehari – hari untuk para pria, bagaimana dengan pakaian sehari – hari pakaian tradisional betawi untuk wanita? Untuk Pakaian Adat Betawi Wanita biasanya menggunakan baju kurung dengan lengan pendek dengan warna – warna yang ramai dan mencolok di mata, dengan kain sarung batik dengan warna cerah. Berbeda dengan pakaian adat betawi untuk pria yang hanya menggunakan corak warna yang polos dan tidak ramai, namun pakaian adat untuk wanita betawi menggunakan warna yang mencolok danr amai di mata. Mereka juga mengenakan kerudung dengan motif yang bebas, bisa menggunakan motif yang mencolok ataupun tidak dalam Pakaian Adat Betawi.

Leave a Comment for Pakaian Adat Betawi yang Indah


three − 2 =