Pakaian Adat Aceh yang Unik

Saturday, April 20th, 2013 - Pakaian Adat

Nangroe Aceh Darussalam memiliki Pakaian Adat Aceh yang terkenal dan merupakan daerah istimewa yang terletak di pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia yang berada dijepit oleh selat malaka dan samudra hindia. Aceh merupakan tempat yang strategis untuk pusat pengembangan daerah dalam factor ekonomi, politik maupun budaya. Aceh adalah Negara yang berkembang pesat dalam factor tersebut dan termasuk salah satu daerah yang penting di Indonesia. Salah satu budaya yang perlu dilestarikan di aceh yaitu Pakaian Adat Aceh Tradisional karena dengan melestarikan budaya dari Aceh, turut melestarikan budaya Indonesia.

Pakaian Adat Aceh Secara Umum Terbagi Dalam 4 Kategori

PAKAIAN ADAT ACEH

Pakaian Adat Aceh secara umum terbagi menjadi 4 kategori, diantaranya yaitu ulee balang yang dapat digunakan untuk para raja beserta warisan dan keturunannya dan juga untuk para pemuka agama. Untuk Pakaian Adat Tradisional Aceh kategori ulee baling merupakan kategori tertinggi dalam kepemimpinan aceh yang dapat menggunakan busana tersebut, di Aceh busana tersebut hanya dapat digunakan oleh orang – orang dengan golongan atas.

Mengetahui Lebih Detil Tentang 4 Kategori Tersebut

Lalu ada kategori warga dalam Pakaian Adat Aceh yang menggunakan busana patut – patut, pada kategori ini busana yang digunakan untuk orang – orang yang tergolong dalam kategori pejabat Negara maupun orang yang berada dalam pemerintahan. Orang yang secara umum berada dalam posisi pemerintahan yang kemudian dapat memimpin rakyat, menggunakan busana patut – patut yang merupakan golongan manusia tingkat menengah di Aceh.

Dan yang terkahir dalam Pakaian Adat Aceh adalah kategori rakyat jelata, orang yang masuk kategori rakyat jelata merupakan orang – orang biasa yang tidak memiliki kedudukan yang secara umum merupakan golongan paling kecil dan tidak terlalu diperhitungkan. Orang yang berada pada kategori rakyat jelata, merupakan orang yang tidak berpendidikan, dan merupakan masyarakat yang kurang mampu dan dapat disebut sebagai penduduk biasa yang tidak memiliki kuasa terhadap Aceh.

Untuk Pakaian Adat Tradisional Aceh Ulee Baling sendiri merupakan pakaian tradisional Aceh yang megah dengan berbagai macam aksesoris dari emas asli, Ulee Balang adalah salah satu pakaian adat dari Aceh yang sangat terkenal dan dikagumi oleh banyak orang. Desain yang ada dlam Ulee Balang ini termasuk unik dikarenakan dengan tampilan yang memukau mata dan juga dengan corak yang indah dan penuh dengan emas di sekitar baju dan juga sebagai alas kepala dengan penuh balutan emas murni. Semua keluarga yang termasuk golongan bangsawan dapat menggunakan pakaian tradisional ini, bahkan untuk para anak kecil juga dapat menggunakan Ulee Baling ini namun dengan corak yang lebih sederhana dalam Pakaian Adat Tradisional  Aceh.

Incoming search terms:

Pakaian Adat Aceh yang Unik | Rahimawati Imut | 4.5