7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with 1 Comment

Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat – Di artikel kali ini kita sudah mulai merambah ke Indonesia bagian Timur. Giliran Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan saya bahas di artikel ini khususnya tentang kesenian dan alat-alat musik tradisional Nusa Tenggara Barat. Namun seperti biasanya, saya akan menceritakan sedikit tentang profil dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.

alat musik tradisional nusa tenggara barat

Secara geografis Profinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang berada di kepulauan Nusa Tenggara bagian barat khususnya. Ada dua pulau yang ukurannya paling besar di kepulauan Nusa Tenggara tersebut, yaitu pulau Sumbawa yang ada di bagian Timur dan Pulau Lombok di bagian barat. Sedangkan kota Mataram adalah Ibu Kota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang masyarakatnya terdiri suku Bima, suku Sumbawa yang mana kedua suku inilah yang mendiami sebagian besar Pulau Sumbawa. Sedangkan di Pulau Lombok di dominasi oleh Suku Sasak.

Beberapa Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini adalah :

  1. Kabupaten Bima
  2. Kabupaten Dompu
  3. Kabupaten Lombok Timur
  4. Kabupaten Lombok Utara
  5. Kabupaten Lombok Tengah
  6. Kabupaten Lombok Barat
  7. Kabupaten Sumbawa
  8. Kabupaten Sumbawa Barat
  9. Kota Bima
  10. Kota Mataram

Dan khusus mengenai kesenian dan kebudayaannya, tidak ketinggalan dengan provinsi lainnya, ada juga beberapa alat musik tradisional Nusa Tenggara Barat yang perlu kita ketahui dan akan saya tulis dalam artikel ini. Berikut daftarnya.

Inilah Daftar Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat

Hanya ada lima buah alat musik tradisional yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan saya bahas di sini. Mungkin selain kelima alat musik ini masih ada lagi, tapi khusus di artikel ini saya hanya akan bahasa lima saja, yaitu :

  1. Druridana
  2. Genggong
  3. Muri
  4. Serunai
  5. Idiokordo

Yah, itulah kelima alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Supaya lebih mudah untuk dipahami, berikut penjelasan dari masing-masing alat tersebut.

Penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat

1. Druridana

Duridrana ini sebenarnya tidak beda dengan sebuah garputala. Seperti garputala yang kita ketahui paha umumnya yaitu berbentuk seperti garpu yang hanya memiliki dua gigi seperti huruf “y”. Jika dihentakkan akan menghasilkan resonansi pada frekuensi tertentu. Dan Duridrana di Nusa Tenggara Barat ini terbuat dari bambu.

2. Genggong

Bagi yang belum mengetahui tentang alat musik yang satu ini, mungkin agak aneh mendengar namanya. Genggong adalah alat musik unik yang dimainkan dengan cara ditiup hampir mirip dengan harmonika. Hanya saja alat musik genggong ini terbuat dari bambu dan bentuknya sedikit lebih unik dibanding dengan harmonika. Suara yang dihasilkan juga unik dan merdu.

3. Muri

Masih ingat tentang alat musik klarinet? Nah Muri ini juga hampir sama dengan klarinet hanya saja muri terbuat dari daun. Suara yang dihasillkan alat musik tradisional nusa tenggara barat satu ini juga sangat merdu dan unik.

4. Serunai

Tidak jauh beda dengan serunai yang berasal dari Provinsi Bengkulu, serunai yang adadi Nusa Tenggara Barat ini juga merupakan alat musik tiup yang ujung tempat untuk meniup alat musik ini mengembang. Mungkin sebagian anda sudah pernah melihatnya, bukan?

5. Idiokordo

Nah, alat musik satu ini yang mungkin paling jarang kita dengar dan belum ada di Provinsi lain pada artikel yang pernah saya tulis sebelumnya. Idiokordo ini adalah alat musik jenis petik yang memiliki tiga dawai atau senar yang bagian utamanya terbuat dari kayu yang hampir mirip dengan biola dengan ukuran lebih besar dari biola.

Semoga informasi ini semakin memperkaya pengetahuan anda tentang keberagamaan kesenian dan kebudayaan di tanah air. Mari sama-sama kita berusaha untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan nusantara.

Leave a Comment for Daftar Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat


two − 2 =