Bermain Alat Musik, Jadi Sehat ??

Wednesday, February 13th, 2013 - Info Menarik tentang Musik
AlatMusikTradisional.Com – Biasanya orang suka memainkan peralatan musik cuman sekedar untuk melepas penat dan juga kebosanan.   Namun dibalik itu semua ternyata ada hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa dengan bermain alat musik akan membuat orang menjadi lebih sehat.

Walau sebenarnya orang yang mendengarkan musik saja sudah akan mendapatkan manfaat.   Nah apalagi kalau anda bisa juga sambil bermain musik.  Pada artikel sebelumnya sudah juga diuraikan tentang Bermain Musik bisa meningkatkan daya ingat.

sasando - belajar bermain musik

Untuk kali ini ada lagi studi tentang dampak yang terjadi dari bermain alat musik.  Studi tersebut dilakukan oleh beberapa peneliti dari Leiden University Medical Center dengan melakukan sampel sebanyak 53 org yang berumur mulai dari 18 s/d 30 thn.   Sampel tersebut juga mencakup para musisi dan juga orang biasa.

Hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan tersebut menyimpulkan bahwa orang yang memainkan alat musik setiap harinya 2 jam akan menyebabkan penurunan tekanan darah.   Nah, dengan adanya penurunan tekanan darah ini maka akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, stroke pada saat tua dan juga kardiovaskuler.   Hal ini dikarenakan saraf somatosensori menjadi lebih baik ketika seseorang bermain alat musik.

Saraf somatosensori ini memiliki fungsi sebagai pengatur aliran darah yang dipompa oleh jantung dan juga dapat menjadi pengatur kadar perasaan bahagia seseorang.

Hal serupa juga dibenarkan oleh pernyataan dari penelitian yang dilakukan oleh University of London yang menyimpulkan bahwa dengan memainkan alat musik akan mengalami peningkatan kesejahteraan psikologis selain itu juga akan mendatangkan perasaan bahagia akan lebih besar.

Nah, ternyata banyak sekali manfaat dari bermain alat musik, semoga artikel ini bisa menjadi motivasi bagi anda yang saat ini sedang atau sudah melakukan aktifitas yang berhubungan dengan alat musik.

Bermain Alat Musik, Jadi Sehat ?? | Rahimawati Imut | 4.5