2nd February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Jambi – Sebelum saya memberikan informasi tentang alat musik tradisional Jambi seperti judul artikel saya kali ini, ada baiknya kita ketahui lebih jauh lagi tentang Provinsi Jambi.

Jambi adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang nama Ibu kotanya sama dengan nama Provinsinya. Provinsi di Indonesia yang memiliki nama Ibu kota yang sama dengan nama Provinsinya hanya ada tiga. Yang dua lagi adalah Provinsi Bengkulu dan Provinsi Gorontalo. Provinsi Jambi ini terkenal dengan dialek “o”. Masyarakat melayu yang hidup di Jambi rata-rata menggunakan dialek “o” dalam keseharian mereka.

ALAT MUSIK TRADISIONAL JAMBI

Memang Jambi di dominasi oleh Suku Melayu yang kita sama-sama tahu bahwa suku melayu memiliki ada budaya yang khas yang cenderung lebih unggul dibanding dengan seni-seni budaya suku bangsa yang lain. Mungkin karena masyarakt melayu dinilai lebih giat dalam melestarikan peninggalan budayanya, sehingga bisa bertahan dan terus dikenal sampai sekarang.

Diantara peninggalan-peninggalan budaya Melayu di Jambi, termasuk di antaranya adalah alat-alat musik tradisional yang memiliki keberagaam dan keunikan tersendiri. Berikut nama-nama alat musik tradisional Jambi.

Nama-nama Alat Musik Tradisional Jambi

Ada banyak sekali alat musik tradisional melayu yang ada di Provinsi Jambi. Namun dari beberapa alat musik tradisional tersebut sebenarnya memiliki kemiripan antara satu dengan yang lain. Berikut nama-namanya :

1. Serangko
2. Serdam
3. Sekdu
4. Genggong
5. Marawis
6. Rebana Sike
7. Kompangan
8. Akordeon
9. Cangor
10. Kelintang Kayu

Untuk artikel kali ini tentang alat musik tradisional Jambi, saya berhasil mengumpulkan 10 nama alat musik tradisional ini yang berasal dari Jambi. Jika dikategorikan sebenarnya alat musik tradisional yang tersebut di atas itu hanya ada dalam 3 kategori, yaitu alat musik jenis tiup, pukul, dan pompa. Berikut penjelasan dari masing-masing alat musik di atas.

Penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Jambi

Saya akan menuliskan penjelasan singkat saja dari alat-alat musik tradisional di atas.

1. Serangko
Serangko adalah sejenis alat musik tiup yang terbuat dari tanduk kerbau yang panjangnya mencapai 1 meter sampai 1,5 meter. Di zaman dulu alat musik Serangko ini digunakan oleh komandan perang untuk memberikan komando. Selain itu juga digunakan untuk pemberitahuan ketika ada musibah kematian.

2. Serdam
Serdam adalah alat musik tiup sejenis suling yang terbaut dari bambu kecil yang biasanya memiliki 4 lubang. Serdam biasanya digunakan untuk mengiringi musik tradisional melayu. Serdam memiliki bunyi yang unik dan indah.

3. Sekdu
Instrumen yang satu ini juga dimainkan dengan cara ditiup yang dibuat dari bambu dengan diamater 1,5 cm. Namun dibagian peniupnya terbuat dari kayu yang biasanya disebut dengan klep peniup. Nada yang dihasilkan oleh Sekdu ini hanya terdiri dari nada do, re, mi, sol dan la, sehingga Sekdu ini disebut alat musik pentatonis atau selendro. Sekdu biasanya digunakan oleh masyarakat melayu tua dalam acara-acara upacara adat.

4. Genggong
Genggong adalah alat musik seperti harmonika yang dimainkan dengan cara ditiup. Genggong memiliki komponen seperti lidah-lidah getar yang menghasilkan suara. Genggong terbuat dari kayu, bambu, dan pelepah enau.

5. Marawis
Marawis adalah alat musik pukul seperti rebana namun dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya dimainkan dengan cara berkelompok. Bahkan yang populer saat ini disebut-sebut dengan musik marawis atau band marawis.

6. Rebana Sike
Rebana sike hampir sama seperti rebana pada umumnya. Yaitu alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan kulit. Dimainkan dengan cara memukul bagian kulit yang diregangkan di kayu yang berbentuk bundaran.

7. Kompangan
Hampir sama denagn Rebana sike, hanya saja Kompangan ini lebih kecil dan lebih pipih bentuknya.

8. Akordeon
Akordean sebenarnya sudah umum kita kenal. Yang itu alat musik yang dimainkan dengan cara di pompa dan menekan tuts pianonya.

9. Cangor
Cangor ini seperti gendang, namun tidak ada bagian sisinya yang terbuat dari kulit. Cangor dibuat dari kayu yang dimainkan dengan cara di pukul.

10. Kelintang Kayu
Kelintang kayu juga alat musik tradisional Jambi yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang dimainkan dengan cara dipukul. Bentuknya hampir sama dengan gamelan.

Masih banyak lagi sebenarnya alat musik tradisional Jambi yang tidak tercantum di sini. Mungkin anda bisa mencari referensi lain yang memberikan informasi tambahan lagi tentang alat musik tradisional asal Jambi selain yang tertera di atas.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Jambi


2 + one =