7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara – Di artikel kali ini saya akan mulai membahas tentang alat musik tradisional dari beberapa Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi. Yang pertama kali akan saya tulis di sini adalah tentang Provinsi Sulawesi Utara. Jika kita lihat melalui sebuah peta, maka secara geografis Provinsi Sulawesi Utara ini adalah provinsi yang berada paling ujung bagian utara dari Pulau Sulawesi. Ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara ini adalah Kota Manado. Selain itu Provinsi Sulawesi ini juga memiliki pulau Sangihe dan pulau Talaud di bagian utaranya yang berbatasan langsung dengan negara Filipina.

alat musik tradisional sulawesi utara

Beberapa Kabupaten Kota yang ada di Sulawesi Utara antara lain adalah :

  1. Kabupaten Minahasa
  2. Kabupaten Minahasa Selatan
  3. Kabupaten Minahasa Tenggara
  4. Kabupaten Minahasa Utara
  5. Kota Bitung
  6. Kota Kotamobagu
  7. Kota Manado
  8. Kota Tomohon
  9. Kabupaten Bolaang Mongondow
  10. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
  11. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
  12. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
  13. Kabupaten Kepulauan Sangihe
  14. Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro
  15. Kabupaten Kepulauan Talaud

Sedangkan suku-suku bangsa yang mendiami wilayah Sulawesi Utara ini hanya dibagi dalam tiga suku besar, yaitu Suku Minahasa, Suku Bolaang Mongondow, dan Suku Sangihe-Talaud dan memiliki beragam bahasa daerah. Mengenai agama, Provinsi Sulawesi Utara yang dikenal memiliki semboyan “Torang Samua Basudara” yang kalau diartikan adalah “Kita Semua Bersaudara” itu ternyata terdiri dari berbagai macam agama termasuk Kristen, Katolik, Islam, Budha, Hindu, bahkan Kong Hu Chu. Meskipun demikian bahasa Indonesia adalah sebagai pemersatu keberagaman suku dan agama di sana.

Tidak ketinggalan mengenai kesenian dan kebudayaan yang merupakan fokus saya pada artikel ini yaitu mengenai alat musik tradisional di sana. Ternyata ada beberapa alat musik tradisional Sulawesi Utara yang cukup terkenal di tanah air. Berikut daftar selengkapnya.

Inilah Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

Ada empat macam alat musik tradisional Sulawesi Utara yang cukup populer, yaitu :

1. Kolintang
2. Garputala Bambu
3. Bansi
4. Salude

Cukup lumayan unik ya namanya. Agar semakin mengerti dan memahami, mari kita simak penjelasan dari masing-masing alat musik tradisional di atas yang mungkin membuat sebagian anda sudah penasaran karena nama alat musiknya.

Penjelasan Tentang Alat Musik Sulawesi Utara

Kolintang

Kolintang adalah sebuah alat musik tradisional yang terkenal di daerah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Bahan untuk membuat kolintang ini adalah kayu. Ada yang dibuat dari bahan kayu bernama kayu bandaran, ata kayu wenang, dan lain sebagainya. Umumnya kayu yang dibuat untuk membuat Kolintang ini adalah kayu-kayu ringan, namun memiliki serat kayu yang padat. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Bahkan Kolintang ini terkenal dapat mengeluarkan bunyi yang khas karena bisa digunakan untuk mengeluarkan bunyi nada rendah maupun nada tinggi.

Garputala Bambu

Seperti namanya, alat musik yang hampir mirip dengan garpu yang hanya memiliki dua gigi ini pada umumnya di zaman sekarang dibuat dari logam. Namun, di Sulawesi Utara ada garpu tala tradisional yang dibuat dari bambu yang ketika dipukulkan akan mengeluarkan frekuensi suara dengan nada tertentu.

Bansi

Alat musik jenis tiup ini sejenis seruling dari bambu. Hanya saja bagian ujung tempat meniupnya dibuat agak melebar. Tidak seperti seruling yang ditiup dari bagian batangnya secara horizontal, namun Bansi ini ditiup dengan posisi agar vertikal karena tempat meniupnya ada di salah satu ujungnya. Biasanya bansi dimainkan dengan perpaduan berbagai alat musik lainnya untuk menciptakan musik tradisional yang khas.

Salude

Salude adalah alat musik petik yang memiliki dua senar. Terbuat dari kayu dan hampir sama dengan siter berdawai. Bunyi yang dihasilkan dari alat musik tradisional Sulawesi Utara yang satu ini cukup unik dan merdu.

Nah, itulah keempat jenis alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara yang tentunya dapat menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan bagi kita.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara


four × 1 =