7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara – Di artikel ini saya masih membahas tentang beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi, khususnya kali ini yaitu alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebelum itu sedikit tentang profil dari Sulawesi Tenggara ini perlu saya sampaikan sebagai bahan untuk menambah wawasan kita. Saya yakin anda semua setuju dengan saya, bukan?

alat musik tradisional sulawesi tenggara

Nah, Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu Provinsi di pulau Sulawesi yang memiliki Ibu Kota bernama Kendari. Sebelum ditetapkan menjadi sebuah Provinsi oleh Pemerintah kita melalui sebuah peraturan Undang-undang di tahun 1964, Sulawesi Tenggara dulunya merupakan salah satu Kabutapen yang termasuk dalam bagian Provinsi Sulawesi Selatan. Dan saat ini Sulawesi Tenggara memiliki 2 Kota dan 10 Kabupaten yaitu :

  1. Kota Kendari (Ibu Kota)
  2. Kota Baubau
  3. Kabupaten Bombana
  4. Kabupaten Buton
  5. Kabupaten Buton Utara
  6. Kabupaten Kolaka
  7. Kabupaten Kolaka Utara
  8. Kabupaten Muna
  9. Kabupaten Wakatobi
  10. Kabupaten Konawe
  11. Kabupaten Konawe Utara
  12. Kabupaten Konawe Selatan

Saya rasa cukup demikian dulu mengenai profil dari Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut. Tanpa panjang lebar lagi mari kita simak ke pokok bahasan utama kita mengenai alat musik tradisional Sulawesi Tenggara. Berikut daftar selengkapnya.

Inilah Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara

Dari beberapa sumber informasi yang saya dapat, tidak begitu banyak yang menjelaskan secara spesifik alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Hanya saja menurut informasi dari acara Festival Nasional Kesenian Musik Nusantara 2012 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara juga turut menghadirkan kekayaan budaya dari Provinsinya termasuk menampilkan beberapa alat musik tradisional, diantaranya adalah :

1. Gambus
2. Gong
3. Gendang
4. Seruling bambu
5. Gamelan

Supaya lebih seragam dengan artikel sebelumnya, saya juga akan menjelaskan satu demi satu tentang alat musik tradisional Sulawesi Tenggara tersebut di atas.

Penjelasan Tentang Alat Musik Sulawesi Tenggara

1. Gambus

Gambus adalah alat musik petik yang seperti mandolin. Biasanya paling banyak memiliki tiga senar. Alat musik ini sebenarnya berasal dari Timur Tengah. Permulaan masuknya alat musik gambus ini ke tanah air sebenarnya karena pengaruh dari penyebaran agama Islam di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara ini. Alat musik ini pada perkembangannya akhirnya juga digunakan untuk melantunkan lagu-lagu tidak hanya berbahasa arab seperti aslinya, namun juga berbahasa melayu.

2. Gong

Saya yakin anda semua yang membaca ini tidak asing lagi dengan alat musik tradisional yang satu ini. Gong memang memiliki pengaruh besar terhadap permainan musik-musik tradisional. Gong akan menambah suasana yang lebih hidup pada musik-musik tradisional karena gelegar suara yang dihasilkan oleh alat musik yang terbuat dari logam ini.

3. Gendang

Hampir sama dengan beberapa Provinsi Lainnya. Termasuk salah satu alat musik tradisional yang paling populer dari seluruh nusantara adalah Gendang. Alat musik yang terbuat dari kayu dan kulit sebagai sebagai permukaan yang dipukul ini sangat mudah dimainkan dan sebagai penentu tempo dalam suatu permainan musik tradisional.

4. Seruling bambu

Seruling bambu juga merupakan salah satu alat musik tradisional Sulawesi Tenggara. Banyak sekali jenis dari seruling bambu yang ada di Sulawesi Tenggara seperti informasi dari beberapa artikel yang saya baca. Ada yang ukurannya sedang, kecil, dan bahkan besar sampai menggunakan dua ruas bambu berukurang cukup besar sebagai alat musik tiup sejenis seruling ini.

5. Gamelan

Hampir sama dengan gamelan jawa. Alat musik ketuk atau pukul ini menggunakan kayu sebagai landasannya. Dan di atasnya disusunlah beberapa lempeng logam yang jika dipukul akan menghasilkan suara dan memiliki tangga nada yang lengkap.

Itulah alat-alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara seperti yang ditampilkan oleh para remaja perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara pada Festival Nasional Kesenian Musik Nusantara beberapa waktu yang lalu.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara


eight − 7 =