7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with 1 Comment

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat – Jika anda adalah orang yang sedang mencari informasi mengenai alat musik tradisional dari Sulawesi khusus Provinsi Sulawesi Barat, maka anda berada di artikel yang tepat. Selain alat musik tradisional Sulawesi Barat, saya juga sudah menuliskan beberapa informasi lain seputar alat musik tradisional nusantara. Dan khusus di artikel ini saya akan mengulas alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Barat. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengenal sedikit lebih jauh lagi tentang Provinsi yang satu ini.

alat-musik-tradisional-sulawesi-barat

Provinsi Sulawesi Barat yang memiliki Ibu Kota Mamuju itu sebenarnya tergolong sebagai provinsi baru di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2004 yang lalu. Provinsi Sulawesi Barat merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan. Mengenai suku bangsa yang ada di Provinsi Sulawesi Barat ini terdiri dari Suku Mandar, Suku Toraja, Suku Bugis, Suku Makassar, Suku Jawa, dan suku lainnya.

Sulawesi Barat memiliki wisata alam yang fantastis dari pemandangan pegunungan yang masih alami, keunikan budaya masyarakat, serta luas serangkaian obyek wisata yang tersebar di pesisir dan pegunungan. Inilah tempat cocok untuk menyalurkan jiwa petualang Anda.

Khusus mengenai suku Mandar adalah suku yang sudah terkenal dalam beberapa abad karena kemampuan mereka mengarungi lautan. Jika dirunut menurut sejarah, orang-orangn Mandar diketahui pernah berlayar mengelilingi lautan Indonesia dan lautan negara tetangga seperti Malaysia, Autralia hanya dengan menggunakan kapal Sandeq. Bahkan sampai saat ini di Provinsi Sulawesi Barat khususnya di bagian pesisir pantai masih sering diadakan lomba perahu sandeq.

Khusus mengenai kebudayaan dan kesenian di Sulawesi Barat yang lebih khusus lagi mengenai alat musik tradisionalnya yang akan saya bahas di sini sebenarnya tidak begitu banyak. Bahkan dari informasi yang saya dapatkan hanya ada dua buat alat musik yang dikenal populer di Provinsi Sulawesi Barat.

Inilah Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

Dari berbagai informasi mengenai alat musik tradisional Sulawesi Barat yang saya dapat, memang hanya ada dua buah alat musik tradisional yang dikenal di sana. Yaitu :

1. Gendang
2. Talindo

Meskipun demikian, sebagian alat musik yang berasal dari Provinsi Tetangga juga terdapat di sana dan sama-sama sering digunakan dalam acara-acara adat dan kesenian budaya di Sulawesi Barat. Dan untuk lebih jelasnya mengenai dua buah alat musik di atas, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Penjelasan Tentang Alat Musik Sulawesi Barat

Gendang

Seperti yang telah kita ketahui bahwa alat musik gendang atau kendang ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang hampir terdapat di seluruh pelosok nusantara, termasuk di Provinsi Sulawesi Barat ini. Gendang biasanya terbuat dari kayu yang dimainkan dengan cara dipukul seperti alat musik perkusi. Dari segi ukuran, terdapat beberapa macam ukuran gendang, ada yang kecil, ada yang sedang, dan ada yang besar.

Memang cukup sederhana, gendang dapat mengeluarkan suara hanya dengan memukul bagian kulit yang direntang diujung gendang tersebut. Baik dengan menggunakan alat pemukul, atau langsung menggunakan tangan untuk membunyikannya. Jika dilihat dari fungsinya, gendang sebenarnya merupakan salah satu alat musik yang tidak memiliki tangga nada, namun gendang berperan sebagai penentu cepat lambatnya atau tempo suatu pagelaran musik tradisional.

Sebenarnya tidak hanya musik tradisional karena saat sekarang ini juga tidak jarang kita lihat musik-musik modern yang menggunakan gendang. Contohnya lagu dangdut yang pasti menggunakan gendang kecil atau sedang dalam memainkan musik dangdut tersebut.

Talindo

Talindo adalah alat musik tradisional Sulawesi Barat yang mungkin juga terdapat di Provinsi lain di Pulau Sulawesi yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini hampir sama seperti gitar, hanya saja bentuk dan suaranya masih khas alat musik tradisional.

Itulah dua buah alat musik tradisional asal Provinsi Sulawesi Barat. Anda juga dapat membaca artikel lain di blog ini untuk mendapatkan informasi mengenai beragam alat musik tradisional yang berasal dari hampir seluruh provinsi di nusantara.

Comments for Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat
  1. Aa Umar 12th August 2013 at 6:12 am

    thanks…. bermanfaat buat ngerjain tugas

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat


− six = 1