2nd February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Riau – Umumnya kita pasti senang mendengar musik. Seperti yang kita rasakan bahwa dengan mendengarkan musik dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran dan perasaan kita. Musik itu sebenarnya merupakan susunan nada yang dibunyikan dengan alunan dan irama tertentu yang dipadu begitu harmonis sehingga menghasilkan bunyi-bunyian yang indah.

Sejak zaman dahulu musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, tidak terkecuali di tanah Melayu Riau. Tanah Melayu adalah salah satu daerah yang memiliki alat-alat musik yang unik.

ALAT MUSIK TRADISIONAL RIAU

Perlu diketahui juga bahwa mendengarkan musik itu tidak hanya dirasakan oleh orang-orang di zaman sekarang. Bahkan dari zaman dahulu orang juga sudah mengenal musik. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya ternyata di setiap daerah atau provinsi di Indonesia terdapat beragam peninggalan budaya-budaya para pendahulu kita, tidak ketinggalan budaya yang ditinggalkan itu adalah dalam bidang kesenian dan musik.

Termasuk juga di Provinsi Riau yang merupakan salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatera yang terkenal dengan kebiasaan hidup suku melayu di sana. Dalam hal bermain musik, orang melayu terdahulu juga punya beberapa peninggalan alat-alat musik tradisional. Mari kita ketahui lebih jauh lagi.

Nama-nama Alat Musik Tradisional Riau

Berikut ini adala daftar nama-nama alat musik tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Melayu di Provinsi Riau dan sekitarnya.

1. Rebana
2. Sape
3. Gambus
4. Kordeon
5. Gendang
6. Gong

Mungkin keenam alat musik tradisional Riau tersebut yang masih terus dilestarikan sampai saat ini yang dianggap merupakan peninggalan sejarah yang begitu berarti.

Penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Riau

Menurut saya beberapa nama alat musik tradisional di atas sebenarnya tidak asing lagi bagi kita. Dan mungkin beberapa dari keenam alat musik tersebut ada di daerah lain, tidak hanya di Riau. Nah, berikut ini penjelasan dari masing-masing alat musik tradisional di atas.

1. Rebana
Rebana adalah sejenis alat musik pukul yang terbuat dari kulit dan kayu. Rebana asal Riau ini umumnya berbentuk bulat pipih. Ukuran besar kecilnya beragam, ada yang kecil, sedang, dan ada yang besar.

Rebana biasa digunakan untuk mengiringi penyanyi yang melantunkan lagu-lagu yang biasanya berimana padang pasir, seperti kasidah, hadroh, dan gambus. Bahkan sampai saat ini, pemain musik modern pun ada yang masih mengguna rebana.

2. Sape
Sape adalah jenis alat musik petik yang mengeluarkan suara yang begitu merdu. Biasanya terdapat 3 atau 4 senar pada alat musik tradisional jenis Sape ini. Namun, menurut Balai Pelestarian Nilai Budaya di Pontianak, Sape ini juga termasuk alat musik tradisional suku Dayak di Kalimantan.

3. Gambus
Gambus juga merupakan salah satu alat musik tradisional Riau jenis petik. Hampir mirip seperti mandolin. Senar pada gambus berjumlah antara 3 sampai 12 senar. Hampir sama dengan rebana, gambus biasanya digunakan untuk mengiringi senandung lagu-lagu berirama timur tengah. Bahkan tidak jarang yang menggunakan bahasa Arab ketika bernyayi dengan diiringi alat musik gambus dan gendang. Sampai-sampai muncul istilah orkes gambus yang pernah populer di tanah air.

4. Kordeon
Kordeon adalah salah satu alat musik yang biasa dimainkan dengan cara dipompa dan digendong. Cukup sulit untuk memainkan jenis alat musik satu ini. Namun suara yang dihasilkan begitu merdu.

5. Gendang
Siapa sih yang tidak tahu alat musik gendang ini? Gendang adalah sebuah instrumen yang dimainkan dengan cara dipukul yang biasanya digunakan untuk membantu mengatur irama dalam musik. Bentuknya ada yang kecil sampai yang besar. Ada yang di sebut ketipung, dan ada juga yang dinamakan kendang kebar, kendang kalih, dan sejenisnya.

Biasanya para pemain gamelan selalu menggunakan gendang dalam memainkan musik gamelan mereka. Sebagian kita mungin tahu bahwa kendang juga merupakan alat musik ala budaya jawa.

6. Gong

Salah satu alat musik yang paling dikenal di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara adalah Gong. Meskipun Gong adalah salah satu alat musik tradisional, maun Gong tetap digunakan sampai saat sekarang ini. Bahkan di negara kita tidak jarang digunakan pada acara-acara resmi kenegaraan dan acara-acara besar lainnya seperti muktamar, rakernas, musda, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa jenis alat musik tradisional Riau yang mungkin sebagian dari alat-alat musik tersebut sebenarnya jug ada di Provinsi lain. Ini membuktikan bahwa sebenarnya negara kita memang kaya akan budaya kesenian daerahnya yang harus sama-sama kita lestarikan.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Riau


nine × = 63