7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Maluku – Mungkin sebagian anda sudah mengetahui bahwa Provinsi Maluku adalah salah satu Provinsi tertua di Indonesia. Provinsi Maluku juga dikenal dengan sebutan “Moluccas” di dunia internasional. Kota Ambon merupakan Ibu Kota dari Provinsi Maluku ini. Provinsi yang berupa kepulauan ini pada tahun 1999 yang lalu dipecah dan dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara yang beribukotakan Sofifi.

alat musik tradisional maluku

Karena Provinsi Maluku ini juga terbentuk dari beberapa kepulauan, maka tidak diragukan lagi akan keindahan alamnya yang menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa tempat tujuan wisata di Maluku antara lain adalah :

  1. Taman Laut Manuala
  2. Pantai Pasir Panjang
  3. Pantai Natsepa
  4. Pantai Ngur Sarnadan
  5. Pantai Ngurtafur
  6. Pantai Latuhalat
  7. Air Terjuwn Waihetu
  8. Pantai Hatuurang
  9. Pantai Lokki
  10. Pantai Englas
  11. Dan masih banyak lagi.

Dan sebenarnya Provinsi Maluku juga merupakan tujuan utama wisata jika dibandingkan dengan tempat-tempat tujuan wisata lainnya di Indonesia Bagian Timur. Termasuk yang menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun asing adalah kekayan budaya, panorama, bangunan bersejarah, dan termasuk kesenian serta alat-alat musik tradisionalnya.
Termasuk di artikel kali ini saya akan bahas lebih lengkap khusus mengenai alat musik tradisional Maluku tersebut.

Inilah Alat Musik Tradisional Maluku

Beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Maluku antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tifa
  2. Idiokordo
  3. Gong
  4. Arababu
  5. Korno

Ingin tahu lebih jelasnya? Baca penjelasan singkatnya di bawah tentang alat-alat musik tesebut di atas.

Penjelasan Tentang Alat Musik Maluku

Tifa

Alat musik yang memiliki nama cukup unik dan singkat ini adalah alat musik seperti gendang yang dibuat dari bahan kayu yang tengahnya dilubagi atau dikorek isinya sehingga berlubang. Kemudian salah satu ujungnya ditutup dengan kulit rusa yang sudah dikeringkan. Sehingga ketika dipukul akan menghasilkan suara.

Idiokordo

Alat musik petik ini sering disebut juga dengan nama Tatabuhan. Bentuknya seperti siter yang memiliki senar. Dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Bagian utamanya terbuat dari kayu yang diukir dan dibentuk sedemikian rupa.

Gong

Inilah salah satu alat musik tidak bernada yang terkenal hingga ke manca negara. Bahkan untuk acara-acara resmi kenegaraan seperti rapat paripurna, rapat nasional, semintar, muktamar dan lain sebagainya tidak lepas dari suara pukulan Gong ini. Gong juga merupakan alat musik tradisional Maluku yang terbuat dari logam.

Arababu

Arababu adalah sejenis rebab yang dibuat dari kayu. Namun sebagai ruang penghasil suaranya dibuat dengan bambu.

Korno

Mungkin ini alat musik yang paling unik karena dibuat bukan dari kayu, bukan dari bambu, bukan juga dari kulit, namun dibuat dari rumah siput yang dimainkan dengan cara ditiup. Unik, bukan?

Nah, itulah beberapa alat musik tradisional Maluku yang tentunya menjadi tambahan wawasan bagi kita akan kekayaan seni dan budaya dari negeri tercinta kita, Indonesia.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Maluku


eight − 3 =