2nd February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Lampung – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Provinsi Lampung adalah Provinsi yang paling berada di bagian selatan dari Pulau Sumatera. Lampung berbatasan langsung dengan sulat Sunda jika ingin menuju ke Pulau Jawa. Ibukota Provinsi Lampung adalah Bandar Lampung dan memiliki wilayah yang luas. Selain itu Provinsi lampung juga kaya akan potensi dari hasil lautnya.

Di artikel saya tentang alat musik tradisional provinsi Bengkulu, saya sudah menceritakan informasi tambahan tentang obyek wisatanya yang banyak. Berbeda dengan Lampung. Provinsi Lampung justru memiliki banyak sekali gunung yang memiliki puncak cukup tinggi. Nah, sebelum saya bahas lebih lanjut tentang alat musik tradisional Lampung, saya akan berikan dulu daftar nama-nama gunung yang ada di lampung, yaitu :

alat musik tradisional lampung

1. Gunung Pesagi
2. Gunung Seminung
3. Gunung Tebak
4. Gunung Rindingan
5. Gunung Pesawaran
6. Gunung Betung
7. Gunung Rajabasa
8. Gunung Tanggamus
9. Gunung Krakatau
10. Gunung Sekincau Liwa
11. Gunung Sukma Ilang Pesawaran
12. Gunung Tanggang

Bicara soal kebudayaan dan kesenian, di Lampung terdapat banyak sekali jenis-jenis musik tradisional termasuk alat-alat musik tradisionalnya. Kalau dari segi musik, musik Klasik Lampung adalah yang masih bertahan sampai sekarang. Kalau diperhatikan sebenarnya musik Klasik Lampung ini merupakan kombinasi antara budaya asli lampung denga budaya Islam.

Demikian juga alat musik tradisional Lampung yang beragam Berikut adalah daftar alat-alat musik tradisional yang terdapat di Provinsi Lampung.

Inilah Daftar Alat Musik Tradisional Lampung

Di dalam daftar nama alat musik tradisional asal lampung ini mungkin ada nama alat musik yang agak susah untuk diucapkan namanya. Berikut daftarnya :

1. Gamolan
2. Serdam
3. Kompang
4. Kerenceng atau terbangan
5. Gambus lunik
6. Sekhdap dan Bekhdah

Nah, itulah ke-6 alat musik tradisional Lampung yang masing-masing pengertiannya akan saya jelaskan di bawah.

Penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Lampung

1. Gamolan
Gamolan hampir sama dengan alat musik gamelan di daerah Jawa. Hanya saja Gamolan yang ada di Lampung ini terbuat dari susunan bambu yang kemudian diikat dengan tali senar yang dibuat dengan rancangan khusus. Gamolan di Lampung ada yang disebut Gamolan Pekhing dan aja juga yang menyebutnya dengan nama Gamolan Cetik.

Gamolan ini dimainkan dengan cara dipukul seperti gamelan. Biasanya musik yang dimainkan dengan gamolan ini diadakan pada saat pelaksanaan acara-acara adat tertentu di Lampung.

2. Serdam
Serdam adalah alat musik tiup seperti suling. Hanya saja serdam dibuat dari bambu yang tipis dah hanya memiliki 3 lubang di bagian atas dan 1 lubang di bagian bawahnya. Dari ukurannya, Serdam memiliki ukuran dengan diamater sekitar 1 cm dan memiliki panjang hingga 25,5 cm. Suara yang dihasilkan oleh alat musik tradisional lampung ini begitu halus dan lembut. Tidak jarang para seniman yang memiliki keahlian bermain Serdam ini mengungkapkan perasaannya melalui alunan suara serdam yang dimainkannya.

3. Kompang
Hampir sama dengan rebana, kompang adalah alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari kulit kambing dan dimainkan dengan cara di pukul. Menurut sejarah sebenarnya alat musik kompang ini berasal dari arab, yaitu dari orang-orang suku Parsi yang saat itu menyambung kedatangan Nabi mereka.

Jika dilihat dari ukuran, kompang biasanya memiliki diameter antara 22,5 cm sampai dengan 35 cm. Dan kompang ini biasanya dimainkan oleh sebuah regu dengan posisi duduk, ada juga yang berdiri, atau sambil berjalan. Para pemain kompang biasanya diundang untuk memainkan musik tradisional pada acara-acara penyambutan pejabat, resepsi pernikahan, dan acara adat lainnya di Lampung.

4. Kerenceng atau Terbangan
Kerenceng atau terbangan ini adalah alat musik yang dibuat dari kulit kambing dan kayu. Dan juga dibuat dengan rotan yang digunakan untuk meregangkan kulit kambing tersebut agar suaranya lebih keras.

5. Gambus Lunik
Masih ingat dengan tarian zapin? Nah, Gambus Lunik ini adalah termasuk alat musik petik yang biasa digunakan untuk mengirian tarian tersebut. Bentuknya hampir sama dengan gitar dan terdapat senar-senar yang berjumlah 12. Bahan pembuatnya adalah berasal dari kayu nangka.

6. Sekhdap dan Bekhdah
Memang alat musik tradisional Lampung yang satu ini agak aneh kedengarannya. Dari namanya saja sudah agak sulit untuk diucapkan. Alat musik ini hampir sama dengan Terbangan atau Kerenceng, hanya saja memiliki ukuran lebih besar bahkan ada yang berdiameter mencapai 100 cm.

Nah, itulah 6 alat musik tradisional Lampung yang hampir kesemuanya sudah pernah kita ketahui bersama. Hanya saja mungkin alat musik ke enam yang saya sebutkan di atas memang agak asing dan susah untuk disebutkan. Tapi itulah termasuk dalam kekayaan budaya dan seni di Indonesia.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Lampung


− 2 = one