7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur – Provinsi Kalimantan Timur yang biasa disingkat dengan Kaltim adalah salah satu provinsi yang berad di Pulau Kalimantan bagian Timur. Provinsi Kalimantan Timur ini berbatasan langsung dengan Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan juga Malaysia. Sebaga informasi juga bahwa Kalimantan Timur merupakan salah satu wilayah Provinsi yang memiliki kepadatan penduduk di urutan ke empat paling rendah sepanjang Nusantara. Kota Samarinda adalah Ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur ini.

alat musik tradisional kalimantan timur

Provinsi Kalimantan Timur juga dikenal dengan kekayaan alamnya berupa hasil hutan hujan yang ada di sana. Namun masalah penebangan kayu atau penebangan hutan secara ilegal tampaknya masih terus menjadi masalah serius di Provinsi yang satu ini. Meskipun demikian, pemerintah setempat sudah mulai mewujudkan usaha-usaha guna memberantas praktek ilegal tersebut.

Tidak beda jauh dengan Provinsi di Kalimantan lainnya, Provinsi Kalimantan Timur juga dihuni oleh berbagai macam suku, baik suku bangsa asli maupun suku bangsa pendatang seperti Suku Bugis, suku Jawa, suku Makassar, dan suku Banjar. Namun ada satu suku selain suku asli (suku dayak) yang juga memiliki peranan penting di Provinsi ini, yaitu Suku Kutai.

Dan tidak diherankan sebab keberagaman suku yang ada di sana maka hasil kesenian dan kebudayaannya juga tidak sedikit. Termasuk yang akan kita bahas mengenai alat musik tradisional Kalimanta Timur juga menjadi bagian dari kebudayaan dan kesenian masyarakat setempat. Berikut informasi selengkapnya.

Inilah Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Alat-alat musik tradisional yang masih terus digunakan dan dilestarikan sampai saat ini adalah sebagia berikut.

1. Gambus
2. Sampe
3. Ketipung
4. Kendang

Dari segi nama alat musiknya, mungkin hampir tidak sama dengan alat musik tradisional yang ada di provinsi sebelahnya, yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, namun menurut saya hal ini sebenarnya karena perbedaan nama saja. Adapun bentuk dan jenis alat musiknya tidak jauh berbeda. Supaya lebih jelas lagi, berikut saya ulas informasi mengenai masing-masing alat musik tradisional yang saya sebut di atas.

Penjelasan Tentang Alat Musik Kalimantan Timur

Gambus

Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya bahwa Gambus yang merupakan alat musik petik yang tidak jauh berbeda dengan mandolin. Gambus ini awalnya berasal dari Timur Tengah yang kemudian dibawa oleh pedagang melayu sampai ke pesisir Kalimantan Timur.

Sampe

Sampe juga merupakan alat musik tradisional Kalimantan Timur yang cukup terkenal. Sampe termasuk dalam jenis alat musik kategori alat musik petik. Nama Sampe itu sendiri sebenarnya adalah bahawa lokal suku Dayak. Yang jika diartikan, Sampe itu berarti “memetik dengan jari”. Dari namanya saja orang sudah bisa mengetahui bahwa Sampe ini adalah alat musik yang dimainkan dengan memetik senarnya dengan jari. Sampe ini identik dengan kebudayaan orang-orang Melayu, termasuk Rumpun Melayu dari suku dayak di Kalimantan Timur.

Ketipung

Alat musik yang satu ini juga termasuk salah satu alat musik tradisional yang berbau Timur Tengah yang membawa pengaruh sampai ke Kalimantan Timur. Alat musik ketipung ini adalah sejenis gendang kecil yang biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu bernuansa Timur Tengah.

Kendang

Kendang adalah bahasa lain dari gendang. Merupakan alat musik tradisional yang awalnya berasal dari Jawa. Biasanya kendang adalah pelengkap dalam musik tradisional yang dimainkan untuk mengiringi tarian-tarian daerah seperti Tari Ganjur, Tingkilan, dan sebagainya. Kendang ini juga berfungsi untuk mengatur tempo musik yang dimainkan pada acara-acara adat tersebut.

Itulah empat jenis alat musik tradisional yang ada di Kalimantan Timur. Diantaranya dipengaruhi oleh kebudayaan Timur Tengah dan Melayu, bahkan juga kebudayaan Jawa. Hal ini tentunya semakin memperkaya kesenian dan kebudayaan dari Indonesia.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur


× four = 12