7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with 4 Comments

Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah – Saya tahu anda sampai ke halaman blog saya ini karena anda mencari informasi tentang alat-alat musik tradisional, bukan? Anda bisa baca artikel saya yang lain sesuai daerah atau provinsi yang anda pilih untuk mengetahui tentang alat-alat musik tradisional sesuai dengan asal daerah atau provinsinya.

 

Dan khusus di artikel ini saya akan menuliskan informasi tentang alat musik tradisional Kalimantan Tengah. Yang mana kita tahu bahwa Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu Provinsi yang ada di Pulau Kalimantan. Kota Palangka Raya merupakan ibu kota dari Provinsi yang satu ini. Mengenai kondisi alam yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah ini, sesuai informasi yang berasal dari berbagai sumber menjelaskan bahwa di Provinsi Kalimantan Tengah ini terdapat lokasi pegunungan bernama Pegunungan Muller Swachner di bagian utara. Sedangkan terdapat dataran rendah dan rawa di sebelah selatan yang mana wilayah ini beriklim tropis yang lembab karena dilalui oleh garis equator.

alat musik tradisional kalimantan tengah

Secara langsung Provinsi Kalimantan Tengah ini berbatasan dengan Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan serta Laut Jawa. Dan terdapat beragam suku bangsa juga di sana yang didominasi oleh suku dayak. Berikut daftarnya :

  1. Suku Dayak
  2. Suku Dayak Ngaju
  3. Suku Dayak Sampit
  4. Suku Dayak Bakumpai
  5. Suku Dayak Katingan
  6. Suku Dayak Maanyan
  7. Suku Melayu
  8. Suku Melayu Banjar
  9. Suku Jawa
  10. Suku Bugis
  11. Suku Madura
  12. Dan lain sebagainya

Dan mengenai alat musik tradisional di Provinsi ini juga tidak jauh berbeda dengan Provinsi Kalimantan Barat. Berikut daftar alat musik tradisionalnya.

Inilah Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah

Alat-alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah adalah sebagai berikut :

  1. Garantung
  2. Salung
  3. Gandang
  4. Katambung
  5. Kecapi
  6. Guriding
  7. Suling Bahalang
  8. Suling Balawung
  9. Kangkanong Humbang

Mungkin kalau tidak dijelaskan anda akan bingung seperti apa alat-alat musik yang saya sebut di atas. Di bawah inilah penjelasan singkatnya.

Penjelasan Singkat Tentang Alat Musik Kalimantan Tengah

Garantung

Garantung ini adalah alat musik tradisional sejenis Gong. Alat musik inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Suku Dayak. Ada juga yang menyebut alat musik ini dengan sebutan Agung.

Salung

Salung adalah alat musik tradisional asal Kalimantan Barat yang merupakan alat musik jenis pukul yang terbuat dari bambu atau kayu. Nada yang dihasilkan alat musik salung ini adalah nada do, re, mi, sol, dan la.

Gandang

Gandang adalah alat musik gendang. Gendang yang satu ini adalah gendang yang ukurannya besar. Bahkan panjangnya bisa mencapai 1 sampai 2 meter dengan diamater sekitar 40 cm. Biasanya alat musik jenis ini digunakan untuk upacara-upacara adat di Kalimantan Tengah.

Katambung

Alat musik Katambung ini adalah sejenis perkusi gendang yang memiliki panjang hingga 75 cm. Alat musik ini dibuat dari kayu ulin kemudian ada balutan kulit ikan buntal yang dikeringkan untuk diregangkan di bagian sisinya sebagai bagian yang nantinya dipukul dalam memainkannya. Diamater kulit ikan buntal yang dikeringkan kemudian dijadikan bagian dari Katambung ini biasanya berukuran hingga 10 cm.

Kecapi

Siapa sih yang tidak kenal dengan alat musik yang satu ini? Kecapi merupakan alat musik jenis petik yang dibuat berasal dari kayu ringan. Senarnya ada yang dua ada juga yang tiga.

Guriding

Alat musik tradisional Kalimantan Tengah yang satu ini lebih unik dari yang lain. Karena alat musik yang satu ini terbuat dari sejenis tumbuhan hutan yang biasa disebut suku dayak berasal pelepah tua Pohon Joko. Ditengahnya seakan-akan terdapat lidah dan ujungnya dibuat runcing sehingga berbunyi ketika dipukul

Suling Bahalang

Suling ini jenis suling seperti pada umumnya. Terbuat dari bambu dan memiliki tujuh lubang.

Suling Balawung

Dilihat dari ukurannya, suling balawung ini termasuk kategori suling kecil. Terdapat lima lubang di bagian bawahnya dan terdapat satu lubang saja di atasnya.

Kangkanong Humbang

Alat musik ini sejenis alat musik yang dibuat dari bambu yang dirakit dari beberapa batang bambu kemudian dipukul sehingga menghasilkan bunyi.

Nah, itulah sebagian dari alat musik tradisional Kalimantan Tengah. Sebenarnya masih ada lagi beberapa alat musik yang berasal dari Kalimantan Tengah yang tidak saya tulis di atas. Sebagian lagi juga memiliki nama-nama yang unik. Di lain waktu akan saya coba untuk menulisnya untuk anda.

Comments for Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah
  1. hai 7th April 2013 at 11:40 am

    boleh tanya persentase antara alat musik modern n tradisional brp y? makasih.. :)

  2. Rahimawati Imut 7th April 2013 at 1:31 pm

    Persentase apanya ya? kalau dilihat dari sekarang sih kebanyakan orang lebih cenderung menggunakan alat musik modern, namun alat musik tradisional tentunya memiliki nilai tersendiri yg tak ternilai

  3. Anggit Pratika 15th April 2013 at 4:23 am

    Hai mau nanya dong, kalo di daerah Kalimantan ada ga yang memainkan alat musik tradisional yang menggunakan laptop?
    Aku butuh untuk event nih, makasih

  4. Rahimawati Imut 15th April 2013 at 2:59 pm

    Untuk kalimantan sepertinya masih belum ada Aplikasi Alat Musik Tradisionalnya. Kalau bisa bikin sendiri yaw ntar kalau udah jadi share disini ya, semoga bisa memperkaya kebudayaan indonesia

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah


1 − one =