7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with 1 Comment

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan – Salah satu provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan adalah Provinsi Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin adalah Ibu Kota dari Provinsi Kalimantan Selatan ini. Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang alat musik tradisional Kalimantan Selatan, saya akan menuliskan sedikit informasi profil dari Provinsi yang dikenal banyak memiliki peninggalan sejarah ini.

alat musik tradisional kalimantan selatan

Dilihat dari keberagaman suku yang ada di sana, berikut ini adalah suku-suku bangsa yang mendiami wilayah Kalimantan Selatan.

1. Suku Banjar
2. Suku Jawa
3. Suku Bugis
4. Suku Madura
5. Suku Sunda
6. Suku Bakumpai
7. Suku Betawi
8. Suku Minangkabau
9. Suku Banten

Selain itu masih banyak juga suku-suku lainnya termasuk rumpun dari suku dayak yang merupakan suku asli yang mendiami wilayah Kalimantan.

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa banyak sekali terdapat peninggalan sejarah yang menjadi obyek wisata di Provinsi Kalimantan Selatan yang tersebar di beberapa kota dan daerah di Provinsi Kalimantan Selatan. Diantaranya adalah Komplek Makam Pangeran Antasari, Museum Wasaka, Pulau Kembang, Candi Agung Amuntai, dan lain sebagainya.

Tidak ketinggalan juga mengenai alat musik tradisional yang berasal dari sana. Khusus di artikel ini kita akan membahas lebih jauh lagi tentang alat musik tradisional Kalimantan Selatan.

Inilah Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Beberapa jenis alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan yang biasanya digunakan dalam berbagai macam acara seni dan budaya adalah sebagai berikut.

1. Gamelan Banjar
2. Panting
3. Kurung-kurung
4. Kintung
5. Kuriding

Nama-nama alat musiknya selain gamelan ternyata sangat unik. Mari kita ketahui lebih jauh lagi melalui penjelasan dari masing-masing alat musik tersebut di bawah ini.

Penjelasan Tentang Alat Musik Kalimantan Selatan

Gamelan Banjar

Gamelan Banjar sebenarnya merupakan sebuah kesenian yang dimainkan dengan seperangkat alat-alat musik gamelan dan pelengkapnya yang dimainkan oleh orang-orang suku Banjar. Dan Gamelan Banjar ini sendiri memiliki dua versi yaitu ada Gamelan yang versi Banjar Keraton dan ada yang versi Banjar Kerakyatan.

Kalau ditinjau dari sejarahnya, Gamelan Banjar ini sudah ada sejak abad ke-14 yang di bawa ke Kalimantan Selatan oleh seorang pangeran bernama Pangeran Suryanata yang berasal dari kerajaan Negara Dipa di zaman itu.

Panting

Panting adalah sejenis alat musik gambus yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Panting model ini hampir mirip dengan Gambus yang berasal dari arab hanya saja ukurannya lebih kecil. Musik yang dimainkan dengan Panting ini awalnya berasal dari daerah Tapin.

Kurung-kurung
Mungkin inilah salah satu alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang dinilai sangat unik. Dari namanya saja sudah unik apalagi dari bentuknya yang terbut dari kayu panjang yang dipadu dengan bambu di bagian bawahnya. Cara memainkannya cukup menghentakkan kurung-kurung ini ke tanah maka keluarlah bunyi-bunyian yang unik yang berbeda antara satu kurung-kurung dengan kurung-kurung yang lainnya.

Kurung-kurung biasa dimainkan pada saat perayaan upacara adat, kenduri, atau menyambut tamu dan pejabat yang datang ke daerah Kalimantan Selatan tersebut.

Kintung

Kintung ini adalah salah satu alat musik unik lainnya di Kalimantan Selatan yang dibuat oleh Suku Banjar. Bahkan pada zaman dulu alat musik ini dipertandingkan juga. Uniknya lagi alat musik ini diduga dimainkan dengan kekuatan magis. Bahkan pada saat dipertandingkan sampai-sampai alat musik yang terbuat dari bambu ini bisa dipecah bahkan tidak mengeluarkan bunyi sama sekali dengan kekuatan magis.

Dilihat dari bentuknya alat musik ini seperti angklung yang terbuat dari bambu. Rautan bagian atas masing-masing potongan bambu sangat berperan penting untuk mengatur bunyinya. Panjang bambu yang digunakan untuk satu potongan biasanya hanya dua ruas saja.

Kuriding

Kuriding termasuk salah satu alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang terancam punah. Sudah jarang orang memainkan alat musik yang dibuat dari kayu atau enau ini. Alat musik ini dimainkan dengan cara melingkarkan tali yang menahan bilah kayunya agar menempel di mulut dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan menarik tali dari ujung bilah sebelahnya sehingga keluarlah suara seperti suara angin yang menderu.

Itulah beberapa alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang seperti penjelasan di atas didominasi oleh Suku Banjar yang membuatnya.

Comments for Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan
  1. Alin 16th January 2014 at 2:34 pm

    Terimakasih ;D sangat membantu tugas sekolah

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan


7 − = two