7th February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with 2 Comments

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat – Artikel tentang alat musik tradisional dari seluruh Provinsi di pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat serta Nusa Tenggara Timur telah saya tulis sebelumnya. Sekarang kita beranjak menuju salah satu pulau terluas di Indonesia yaitu Kalimantan. Di artikel kali ini khusus akan saya ulas alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat. Namun sebelum itu, saya akan memberikan informasi seputar profil dari Provinsi yang satu ini.

alat musik tradisional kalimantan timur

Kalimantan Barat memiliki sebuah kota bernama Pontianak yang menjadi Ibu Kotanya. Kalimantan Barat ini juga merupakan provinsi ke empat yang paling luas di Indonesia selain Provinsi Papua, Kalimantah Timur, dan Kalimanta Tengah. Banyak sekali sungai yang ada di Provinsi satu ini, sampai muncullah julukan bagi Kalimantan Barat sebagai Provinsi Seribu Sungai. Bahkan sampai saat ini pun beberapa sungai-sungai besar di Kalimantan Barat masih dimanfaatnya sebagai jalur transportasi utama antar daerah sampai ke pedalaman Kalimantan Barat. Meskipun demikian sarana transportasi darat juga sudah ada yang menghubungkan sebagian besar kecamatan di Kalimantan Barat. Dan termasuk Provinsi Kalimantan Barat inilah yang berbatasan darat secara langsung dengan negara Sarawak Malaysia.

Berbicara mengenai adat, kebudayaan dan beragam suku yang ada di sana, termasuk Provinsi Kalimantan Barat inilah yang dihuni oleh banyak sekali suku bangsa. Bahkan dari suku-suku yang ada terdapat rumpun atau sub dari suku-suku tersebut. Saya tidak akan membahas semuanya di sini, hanya saja berikut sebagian daftar dari suku bangsa yang ada di Kalimantan Barat.

  1. Suku Dayak
  2. Suku Melayu
  3. Suku Jawa
  4. Suku Banjar
  5. Suku Bugis
  6. Suku Iban
  7. Suku Bidayuh
  8. Suku Mualang
  9. Suku Cenunang
  10. Suku Cempedek
  11. Dan lain sebagainya

Bicara tentang alat musik tradisional, cukup banyak juga alat musik tradisional yang ada di sana. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar alat musik tradisional Kalimantan Barat.

Inilah Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

1. Kollatung
2. Sapek
3. Balikan
4. Keledik
5. Entebong
6. Kangkuang
7. Terah Umat

Sebenarnya masih banyak lagi alat musik tradisional Kalimantan Barat yang tidak tertulis di sini. Namun ketujuh alat musik tersebut dapat mewakili pengetahuan kita bahwa ternyata kekayaan seni dan budaya di nusantara memang sangat luar biasa.

Penjelasan Tentang Alat Musik Kalimantan Barat

1. Kollatung

Kollatung ini adalah sebuah alat musik tradisional yang dibuat dengan bahan tembaga kuningan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Tidak hanya itu, Kollatung ini memiliki fungsi lain sebagai alat musik, yaitu dapat digunakan sebagai mas kawin dalam pernikahan atau dapat juga digunakan sebagai alat pembayaran dalam hukum adat di sana.

2. Sapek

Sapek adalah sejenis alat tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik yang dipopulerkan oleh masyarakat Kalimantan Barat khususnya daerah Kapuas Hulu.

3. Balikan

Balikan juga termasuk alat musik tradisional Kalimantan Barat yang hampir mirip sekali dengan sapek. Memainkannya juga dengan cara dipetik yang dibuat oleh Suku Dayak di daerah Kapuas Hulu.

4. Keledik

Alat musik ini terbuat dari bilah bambu yang merupakan alat musik tiup. Sebenarnya untuk memainkan alat musik ini tidak hanya ditiup, namun sekaligus dihisap dan ditiup. Oleh masyarakat Rumpun Uut Danum alat ini juga disebut dengan nama Korondek

5. Entebong

Berbeda dengan Keledik dan Sapek, alat musik Entebong ini bentuknya seperti gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik satu ini terdapat di Kabupaten Sekadau yang dibuat oleh suku Dayak Mualang.

6. Kangkuang

Kangkuang adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dan terbuat dari kayu yang diukir sedemikian rupa. Dibuat oleh masyarakat suku Dayak Banuaka di daerah Kapuas Hulu.

7. Terah Umat

Umat itu dalam bahasa daerah Kalimantan artinya adalah besi. Nah, alat musik tradisional Kalimantan Barat yang satu ini memang terbuat dari besi yang dimainkan dengan cara dipukul dan tidak beda jauh dengan gamelan jawa.

Itulah beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat yang tentunya semakin menambah pengetahuan kita tentang betapa kayanya negara kita ini akan kesenian dan kebudayaan warisan leluhur kita.

Comments for Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
  1. Alin 16th January 2014 at 2:32 pm

    Terimakasih, sangat membantu tugas sekolah ;D

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat


6 − = two