2nd February 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia with No Comments »

Alat Musik Tradisional Bengkulu – Selain Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu juga merupakah Provinsi di Indonesia yang memiliki nama Ibu Kota yang sama dengan nama Provinsinya. Dan secara geografis Provinsi Bengkulu ini berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat di sebelah utaranya, dan berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan di sebelah timurnya, sedangkan Provinsi Lampung ada di sebelah selatan dari Bengkulu.

Sebelum berbicara tentang alat musik tradisional Bengkulu, saya ingin menambah sedikit informasi lagi mengenai profil Provinsi Bengkulu ini karena ada yang unik, yaitu tentang tujuan pariwisatanya. Menurut informasi dari Wikipedia, meskipun Provinsi Bengku dapat dikatakan memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, namun ternyata dibalik itu semua terdapat 30 obyek Wisata di Bengkulu yang masing-masing berupa obyek wisata alam dan obyek wisata budaya dan peninggalan sejarah. Berikut rangkumannya :

alat musik tradisional bengkulu

Obyek Wisata Bengkulu

1. Pantai Panjang
2. Pantai Pasir Putih
3. Pulau Tikus
4. Danau Dendam Tak Sudah
5. Tapak Padri dan Pantai Jakat
6. Taman Hutan Hujan Tropis (Tahura)
7. Taman Berburu Seblat
8. Taman Wisata Konak
9. Danau Tes
10. Danau Gedang dan Bukit Menghijau
11. Danau Mas Harun Bastari
12. Danau Musi,Suro
13. Taman Nanua
14. Tanah Lot Lais
15. Danau Picung
16. Taman Wisata Dio Bagite
17. Danau Tujuh Warna

Obyek Wisata Budaya dan Peninggalan Sejarah
1. Benteng Marlborough
2. Rumah Pengasingan Bung Karno
3. Parr and Hamilton Monuments
4. Museum Provinsi Bengkulu
5. Rejang Lebong
6. Danau Pematang
7. Kolam Renang Tabarena
8. Air Terjun Kepala Curup
9. Sungai Air Putih
10. Makam Sentot Alibasyah
11. Pusat Pelatihan Gajah
12. Gunung Kaba
13. Suban

Nah, luar biasa sekali, bukan? Saya sengaja tidak menjelaskannya satu persatu dikarenakan sebenarnya artikel yang saya tulis ini adalah tentang alat musik tradisional Bengkulu. Sebenarnya masih ada lagi informasi tambahan berupa obyek wisata andalan yang tidak tercantum di sana. Namu menurut saya informasi tentang profil Provinsi Jambi cukup sampai di situ dulu.

Inilah Daftar Alat Musik Tradisional Bengkulu

Sebenarnya alat-alat musik tradisional yang ada di Bengkulu tidak terlalu banyak. Bahkan hampir semua alat musik tradisional Bengkulu juga terdapat di wilayah lain di nusantara. Berikut nama-mana alat musik tradisional Bengkulu beserta penjelasan dan keterangannya.
1. Dol
2. Serunai
3. Gendang
4. Suling

Penjelasan tentang Alat Musik Tradisional Bengkulu

1. Dol
Kalau ditelusuri dari sejarah, Dol ini pada awalnya di bawah oleh para pedagang dari India. Dol ini jenis alat musik yang dipukul seperti gendang. Bahan pembuatannya juga dari kayu dan kulit sapi namun dengan ukura yang bermacam-macam. Diamater lingkarannya kira-kira 70 cm dengan tinggi tapak kayunya kira-kira 80 cm.

Alat musik tradisional Bengkulu ini terbuat dari bongol buah kelapa atau pohon nangka. Masyarakat Bengkulu sangat akrab dengan alat musik Dol. Mereka biasanya bermain Dol secara berkelompok di rumah-rumah atau sanggar kesenian. Peminatnya tak terbatas pada orang dewasa atau remaja.

Masyarakat Provinsi Bengkulu biasa membuat ini alat musik Dol ini dari batang pohon kelapa atau pohon nangka. Alat musik Dol ini biasa dimainkan pada acara-acara kesenian budaya. Tidak hanya para orang dewasa yang memainkannya, para remaja di Bengkulu juga tidak kalah hebatnya dalam memainkan Dol.

2. Serunai
Serunai adalah alat musik tiup yang mungkin sebagian kita sudah mengenalnya atau bahkan pernah memainkannya. Sebenarnya serunai ini adalah alat musik tradisional yang dipopulerkanoleh suku Minang. Tidak banyak keunikan dari alat musik tradisional bengkulu yang satu ini, hanya saja bentuknya yang sedikit mengembang di ujungnya yang berfungsi untuk mengeraskan suara.

3. Gendang
Alat musik tradisional satu ini tentu tidak asing lagi bagi kita. Dan gendang juga termasuk alat musik tradisional yang terkenal di Bengkulu dan masih banyak digunakan sampai sekarang. Biasanya gendang dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya untuk menciptakan musik tradisional yang khas.

4. Suling
Demikian juga dengan alat musik tiup yang satu ini juga sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan di zaman modern sekarang ini suling tetap menjadi satu instrumen musik yang dibutuhkan. Bedanya adalah jika di zaman modern suling ada yang sudah terbuat dari logam atau perak, sedangkan suling tradisional hanya terbuat dari bambu.
Itulah 4 macam alat musik tradisional Bengkulu yang saya yakin kita semua sudah tidak asing lagi dengan nama-nama alat musik tradisional di atas, kecuali alat musik Dol saja. Di lain kesempatan saya akan muat kembali artikel tentang alat-alat musik tradisional dari provinsi lain.

Leave a Comment for Alat Musik Tradisional Bengkulu


× nine = 27