20th January 2013 Cat: Alat Musik Lainnya, Alat Musik Tradisional Indonesia with 2 Comments

Alat Musik Tifa dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh, bentuknya mirip dengan sekali kendang bahkan juga mirip dengan bedug yang ada di mesjid.  Instrumen ini dibuat melalui batang kayu yang diukir-ukir sehingga menjadikannya terlihat lebih indah kemudian bagian tengahnya dihilangkan sehingga menjadi berlubang dan pada salah satu isinya diberikan penutup, dan menurut kebiasaan penutup yang digunakan untuk tifa tersebut adalah kulit rusa yang sebelumnya dikeringkan, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu pada saat ditabuh.

Alat Musik Tifa merupakan alat musik yang menjadi khas Indonesia bagian timur terutama Papua dan Juga Maluku.  Hampir semua suku yang ada di papua dan juga maluku memiliki tifa yang memiliki ciri khas masing-masing.   Tifa memeliki berbagai macam jenis diantaranya adalah Tifa Dasar, Tifa Jekir, Tifa Jekir Potong, Tifa Potong, dan juga Tifa Bas.

Di Maluku tifa memiliki nama lain ada yang diberi nama tahito atau juga disebut tihal dan alat musik ini biasa digunakan di Wilayah Maluku Tengah.  Untuk mereka yang berada di pulau Aru, mereka menyebut tifa dengan sebutan titir.  Dengan begitu banyak jenis tifa, yang menjadikannya berbeda untuk setiap daerah asalnya adalah kerangkanya dan juga bentuknya.

Tifa biasa dimainkan saat sedang mengiringi tarian-tarian seperti tari gatsi, tari perang, tari-tarian suku asmat dan juga tari-tarian tradisional lainnya.  Hal tersebut biasanya dipentaskan pada saat mengadakan upacara-upacara adat dan juga upacara penting lainnya.

Gambar Alat Musik Tifa

Berikut ini gambar-gambar tifa sesuai dengan daerah asalnya, yakni:

Alat Musik Tifa Papua

Berasal dari Papua dengan Ciri Khasnya Yang UnikAlat Musik Tifa MalukuTifa yang berasal dari daerah maluku

Referensi Bacaan tentang Alat Musik Tifa, Kesenian Khas Maluku dan Juga Papua:

  • id.wikipedia.org/wiki/Tifa
  • siswa.univpancasila.ac.id/pesona/2010/11/01/tifa-alat-musik-khas-indonesia-bagian-timur/
  • Sumber lainnya yang relefan
Comments for Alat Musik Tifa, Kesenian Khas Maluku dan Juga Papua
  1. anton unpapar 13th March 2013 at 4:06 am

    ibu/bpk,
    kami di balikpapan ada rencana order tifa 6 pcs untuk tenm tari di balikpapan gimna cara order tifa tsb ya ?

    mohon kirim informasi ke email tsb di atas dan cc ke email adres : tom.yohanis@bpp.altrak1978.co.id terimakasih

    salam,
    Anton

  2. Rahimawati Imut 15th March 2013 at 2:55 am

    Mohon maaf, kami tidak menjual alat musik daerah, yang kami sajikan hanya informasi tentang alat musik.. mungkin anda bisa cari beberapa jenis alat musik di toko bagus saya liat disana banyak juga yang jualan

Leave a Comment for Alat Musik Tifa, Kesenian Khas Maluku dan Juga Papua


four × = 12