Alat Musik Kecapi Indah dan Menggoda

Alat Musik Kecapi menjadi salah satu alat musik klasik yang seringkali membuat warna tersendiri dan menjadikan cetar membahana untuk kesenian tradisional di Tanah Sunda.   Nada yang dihasilkan bisa membuat orang yang mendengar menjadi tergoda dengan suaranya yang mempesona.

Cara Membuat Alat Musik Kecapi

Sepintas lalu kecapi terlihat sangat simple atau sederhana saja, namun jangan salah ternyata membuatnya tidaklah sesederhana tampilannya.  Bagaimana tidak, kayu kenanga yang sebelumnya harus direndam selama 3 bulan terlebih dahulu merupakan bahan baku utama untuk membuat kecapi, sedangkan untuk membuat senar yang bagus dan bisa menghasilkan alunan nada yang menggoda maka sebaiknya menggunakan kawat yang terbuat dari campuran tembaga dan emas atau biasa disebut dengan sebuatan kawat suasa.

Zaman dahulu senar yang digunakan kebanyak menggunakan kawat suasa namun sekarang ini harganya tidaklah murah sehingga kebanyakan orang menggunakan senar berbahan baja.

Alat Musik Kecapi biasa dipasangkan dengan suling sunda yang merupakan alat musik yang terbuat dari bambu.  Jika keduanya dimainkan maka lantunan nada yang dialirkan akan sangat menggoda telinga yang mendengarnya.

Macam-Macam Kecapi

Dilihat dari bentuknya kecapi dibagi menjadi dua macam, yakni kecapi parahu dan kecapi siter.

kecapi perahu alat musik dari sunda

  • Kecapi parahu, sesuai dengan namanya kecapi ini bentuknya dibuat agar menyerupai perahu.  Pada zaman dulu, kecapi jenis ini dibuat secara langsung dengan cara memahat bongkahan kayu.  Lubang resonansi yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dibuat dibagian bawahnya.

alat musik kecapi siter

  • Kecapi siter, adalah sebuah kotak resonansi pada bidang yang sejajar atau bidang rata. Sama seperti kecapi parahu, lubang resonansi diletakkan dibagian bawah.  Dan bentuk atas dari kecapi ini seperti trapesium.

Dan jika dilihat dari fungsinya dalam hal mengiringi musik kecapi dibagi menjadi dua yakni kecapi indung (kecapi induk) dan kecapi rincik (kecapi anak).

Kecapi indung dan kecapi rincik

Kecapi Indung dan Kecapi Rincik

  • Kecapi indung, alat ini difungsikan sebagai pemimpin musik dengan cara memberikan bridges, interlude, dan intro, dan juga kecapi indung inilah yang menentukan tempo.  Sesuai dengan nama dan fungsinya kecapi yang digunakana adalah kecapi yang berukuran besar yang mempunyai dawai 18 atau 20.
  • Kecapi rincik atau juga disebut dengan kecapi anak fungsinya adalah untuk meramaikan iring-iringan musik dengan cara memberikan nada dengan frekuensi yang tinggi,  Kecapi untuk jenis ini menggunakan kecapi yang berukuran lebih kecil dan menggunakan dawai yang jumlahnya hanya sampai 15.

Nah itulah uraian tentang alat musik kecapi semoga memberikan manfaat bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat alat musik tradisional khususnya kecapi.

Incoming search terms:

Alat Musik Kecapi Indah dan Menggoda | Rahimawati Imut | 4.5