19th January 2013 Cat: Alat Musik Tradisional Indonesia, Mengenal Alat Musik with 2 Comments

Alat Musik Gamelan merupakan salah satu alat musik yang cukup digandrungi baik untuk skala internernasional terlebih lagi di Indonesia.   Gamelan sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis berdasarkan dimana alat musik tradisional ini dikembangkan.  Diantaranya gamelan yang dikenal dalam adat jawa dinamakan gamelan jawa jika anda ingin menikmati alunan nada gamelan jawa yang asli anda bisa datang ke yogyakarta. untuk masyarakat bali mereka mengenal alat musik ini dengan sebutan Gamelan Bali dan untuk yang menggunakan adat sunda disebut gamelan sunda.

Dari tiga jenis gamelan tersebut mereka memiliki ciri khas masing-masing.  Gamelan Jawa disuguhkan dengan nada yang lembut, sangat kontras jika dibandingkan dengan Gamelan Bali yang terdengar agak gaduh dan untuk Gamelan Sunda nada yang disajikan mendayu-dayu dan banyak didominasi dengan suara seruling.

Mengenal Lebih Dekat Alat Musik Gamelan

Alat Musik Gamelan Tradisional Indonesia

Alat Musik Gamelan merukana alat musik yang sangat menonjolkan gendang, metalofon, gambang, dan gong. Istilah untuk alat musik tradisional gamelan pada dasarnya merujuk kepada alat atau instrumennya, dimana alat musik ini merupakan suatu alat musik yang dimainkan secara bersama-sama

Gamelan berasal dari kata Gamel dan diakhiri dengan kata an yakni bahasa jawa yang memiliki arti memukul (menabuh) kemudian diakhiri dengan kata “an” sehingga menjadikan menjadi kata benda.

Kemunculan alat musik tradisional ini diawali dari kebudayaan Hindu-Budha dan sekarang dapat katakan bahwa gamelan merupakan salah satu seni yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.  Seiring perkembangan zaman instrumen gamelan juga terus berkembang sampai seperti yang kita bisa lihat sekarang.

Bagian dari Instrumen Gamelan

Nah berikut ulasan darti Instrumen atau alat musik gamelan.  Anda dapat lihat pada gambar dibawah ini nama dan bentuk dari alat-alat musik / instrunen gamelan

1. Gendang/Kendhang

Gambar Kendang atau Gendang Gamelan Gendang (bahasa melayu) atau Kendhang dalam bahasa jawa terbuat dari bahan kulit hewan seperti sapi, kerbau dan lainnya.

Kendhang merupakan salah satu yang sangat berperan karena kendhang digunakan untukmengatur irama. Cara menggunakan Kendhang yakni dengan cara dikupul dengan tangan secara langsung tanpa menggunakan alat bantu.

Ada tiga jenis kendang yang biasa digunakan yakni kendang ketipung, kendang ciblon/kebar. dan yang ketiga kendang gedhe atau juga dikenal dengan sebutan kendang kalih.

2.  Peking, Saron dan Demung

gambar gamelan demung saron pekingAlat memiliki bilahan-bilahan yang disusun diatas bingkai kayu dan biasanya terdiri dari enam bilah dan ada juga yang terdiri dari tujuh bilah.  Fungsi dari ketiga alat ini adalah sebagai resonator.

Cara menggunakan Instrumen ini yaitu dengan cara dipukul dengan menggukana pemukul yang terbuat dari kayu.  Bila dilihat dari ukuran dan fungsinya, instrumen ini mempunyai tiga jenis yaitu demung (alat yang paling besar), saron (berukuran sedang) dan, peking (memiliki ukuran paling kecil).

3. Gong dan Kempul

Gambar Gong Ageng Gamelan Indonesia Jawa-  Gong

Tidak ketinggalan pula alat yang satu ini disebut dengan nama Gong, kegunaan alat ini adalah untuk memberikan tanda awal dan juga akhir dari gendhing sehingga terkesan memberikan keseimbangan pada lirik lagu gendhing yang panjang.

Gong sendiri terdiri dari dua macam yakni : gong ageng ( ukurannya agak besar) dan gong suwukan / gong siyem (ukurannya sedang atau lebih kecil daripada gong ageng).

Gamelan Kempul Tradisional Indonesia-  Kempul

Kempul juga berbentuk seperti Gong namun ukurannya kecil-kecil.  Kempul berfungsi sebagai penanda aksen-aksen yang penting dalam kalimat lagu gendhing.  Pada saat melantunkan lagu gending kempul dimainkan dengan nada yang sama seperti nada balungan, walau terkadang kempul bisa juga mendahului nada balungan.

 4. Bonang

Gambar Bonang Gamelan Indonesia TradisionalBonang terdiri dari dua jenis yakni bonang barung dan yang satu lagi bonang panerus.  Yang menjadi perbedaan dari kedua jenis bonang ini adalah ukuran dan juga cara menggunakannya.

Bonang barung ukurannya lebih besar daripada bonang penerus dan beroktaf tengah sampai ke oktaf yang tinggi, bonang barung ini  merupakan instrumen pemuka dalam ansambel.  Dan untuk Bonang panerus ukurannya lebih kecil namun mempunyai oktaf yang tinggi, irama yang dihasilkan oleh bonang panerus dua kali lebih cepat dibandingkan bonang barong.

5. Slenthem

Alat Musik Tradisional Indonesia Gamelan SlentemDilihat dari bentuknya slenthem dapat dikatakan masuk dalam jenis gender dan bahkan terkadang ia juga disebut dengan sebutan gender panembung.  Namun slenthem terdiri dari bilah-bilah sama banyaknya seperti bilah saron.  Bila dihubungkan dengan instrumen saron slenthem ini memiliki oktaf paling rendah.

 6. Kethuk dan Kenong

Gambar Instrumen GamelanDari bentuknya kenong mirip sekali dengan alat musik gong, namun tidak seperti gong yang digantung kenong disusun secara horisontal yang ditaruh diatas tali yang bentang pada bingkai kayu.

Sedangkan Kethuk yang bentuknya dan fungsinya sama seperti kenong namun yang membedakannya adalah terletak dari irama saat alat musik tradisional ini dimainkan.

7. Gender

Gambar Gender Gamelan JavaneseAlat musik ini terdiri dari bilahan metal yang disusun rapi diatas  tali  dengan bumbung-bumbung resonator.  Cara memainkan gender ini yaitu dengan cara ditabuh dengan menggunakan alat yang berbentu bulat dan dilapisi dengan kain dan memiliki tangkai yang cukup pendek.   Seperti halnya bonang gender juga terdiri dari dua jenis yakni barung dan panerus.

8.  Gambang

Alat Musik Tradisonal Gamelan Instrumen GambangNah untuk yang satu ini juga sama terdiri dari bilahan-bilahan namun bilahan tersebut berasal dari dari kayu yang dibingkai pada gerobogan.  Bilahan yang ada pada gambang terdiri dari 17-20 bilah,

9. Rebab

Gambar Rebab Alat Musik Tradisonal GamelanInstrumen yang terbuat dari dua kawat yang diregangkan pada selajur kayu yang memiliki bentuk seperti hati yang ditutup dengan babad sapi.

10. Siter

Siter yang sumber iramanya berasal dari kawat) yang Foto Siter Gamelan Alat Musik Tradisional Gamelandimainkan dengan cara dipetik.   Untuk jenis-jenis siter, siter sendiri terdiri dari 3 jenis yakni, siter, siter penerus dengan ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan siter, clempung ukurannya kebalikan dari siter penerus yakni lebih besar dari siter

11. Suling

Gambar Suling Bambung Seruling Gamelan IndonesiaUntuk alat musik gamelan yang satu ini terbuat dari bambu paralon yang dibuat lubang untuk membuat penentu atau batas nada.  Cara menggunakan suling yakni dengan cara ditiup.  Dan dari bentuknya suling terdiri dari 2 jenis, yakni suling slendro yang memiliki 4 lubang dengan jarak antar lubang sama dan Suling Pelog memiliki 5 lubang namun jarak antar lubang berbeda-beda.  Bahkan ada juga suling yang memiliki 6 buah lubang dan untuk suling yang mempunnyai 6 lubang bisa digunakan sebagai Suling Pelog dan juga Slendro.

Referensi untuk Artikel Alat Musik Gamelan Kesenian Asli Indonesia :

  1. id.wikipedia.org/wiki/Gamelan
  2. yudhipri.wordpress.com/2010/06/15/bagian-alat-musik-gamelan
  3. umum.kompasiana.com/2009/10/07/mengenal-alat-musik-tradisonal-gamelan-12739.html
Comments for Alat Musik Gamelan Kesenian Asli Indonesia
  1. depalpiss 11th March 2013 at 9:28 pm

    wah lengkap, nih. kita juga harus bangga yang sama kekayaan negri sendiri Indonesia, untuk kesenian saja kita punya banyak sekali sumber alat musik, belum lagi dari kebudayaan yang lainya, wah tambah bangga nih jadi orang Indonesia,..

    Trims sharingnya salam ngeblog sobat :D

Trackbacks

  1. Alat Musik Tradisional Jawa Tengah | syafiudin

Leave a Comment for Alat Musik Gamelan Kesenian Asli Indonesia


+ 7 = thirteen